Gagal SNBP dan SNBT? 5 PTN Ini Buka Jalur Mandiri Tanpa Tes yang Bisa Dicoba

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:19 WIB
Universitas Negeri Yogakarta (UNY) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi dengan nilai rapor dan prestasi. Foto/Ist
JAKARTA - Ini daftar 5 PTN yang membuka jalur mandiri dengan nilai rapor dan prestasi. Kamu gagal di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024? Jangan bersedih, banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang saat ini membuka jalur Mandiri.

Bahkan sejumlah PTN membuka jalur Mandiri tanpa tes. Kampus mana saja? Artikel kali ini akan membahas 5 PTN yang membuka jalur Mandiri tanpa tes, simak ya!

Daftar PTN yang Buka Seleksi Jalur Nilai Rapor dan Prestasi





1. Universitas Gadjah Mada (UGM)



Dilansir dari laman resmi UGM disebutkan bahwa Pencarian Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) UGM merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa pemenang/juara lomba di bidang olahraga, seni, dan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sesuai program studi yang dipilih.

Tingkat kejuaraan yang diakui adalah kejuaraan tingkat provinsi, nasional, maupun internasional dan/atau kejuaraan yang diselenggarakan oleh UGM, dibuktikan dengan sertifikat/piagam kejuaraan.

Juara pada kejuaraan beregu harus dibuktikan dengan kehadiran dan keikutsertaan seluruh anggota tim saat pelaksanaan lomba. Syarat khusus untuk klastek Iptek direkomendasikan oleh sekolah dan termasuk 25 persen siswa terbaik di kelasnya.

Adapun untuk klaster olahraga dan seni siswa yang direkomendasikan oleh sekolah sebanyak 50 persen siswa terbaik di kelasnya atau 60 persen siswa terbaik di kelasnya untuk juara 1 dan/atau juara 2 nasional serta juara 1, 2, 3, 4, dan 5 pada kejuaraan olahraga internasional.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More