Gagal SNBP dan SNBT? 5 PTN Ini Buka Jalur Mandiri Tanpa Tes yang Bisa Dicoba

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:19 WIB
Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) terdiri dari empat jalur seleksi, salah satunya berdasarkan prestasi akademik atau Mandiri Prestasi. Seleksi ini mempertimbangkan rapor siswa, prestasi akademik dan non-akademik.

Adapun SMUA prestasi akademik hanya diperuntukkan untuk siswa eligible dan mewajibkan peserta melampirkan kartu peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang memilih salah satu program studi di Unair. Peserta dapat mendaftar secara online melalui laman web https://pendaftaran.unair.ac.id dan login secara berkala untuk memeriksa hasil verifikasi.

4. Universitas Indonesia (UI)



Salah satu seleksi masuk UI menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik melalui jalur prestasi dan pemerataan kesempatan belajar (PPKB). Selain prestasi akademik dan rapor calon mahasiswa baru, penilaian seleksi ini juga ditentukan dengan indeks sekolah asal. Jalur ini menyediakan dua jenjang pendidikan, Sarjana (S1) dan Vokasi (D3 dan D4).

Dalam pendaftaran PPKB terdapat tiga jenis formulir yang ditawarkan, yaitu aarjana jalur reguler (S1 Reguler), sarjana jalur non reguler (S1 Non reguler) dan vokasi (D3 dan D4). Peserta hanya bisa memilih maksimal 1 pilihan prodi saat mendaftar. Biasanya, PPKB buka mulai Mei hingga Juni dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 850 ribu.

5. Universitas Brawijaya (UB)



PTN yang berlokasi di Malang, Jawa Timur ini membuka jalur masuk khusus seleksi rapor, Seleksi Masuk Universitas Brawijaya (SMUB) jalur prestasi. Jalur ini memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa yang berprestasi di berbagai bidang.

Mulai dari bidang akademik, olahraga dan seni hingga keagamaan, seperti peraih juara 1, 2, atau 3 di lomba nasional maupun internasional, Hafidz dan Hafidzah Alquran, dan penghafal kitab suci dari berbagai agama di Indonesia.

Data nilai rapor yang perlu disiapkan untuk mendaftar jalur ini:

1. Nilai yang diisikan adalah nilai seluruh mata pelajaran bagian nilai pengetahuan
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More