5 Fakta Prodi Profesi Kurator Keanekaragaman Hayati, Terbaru di UGM dan Pertama di Asia

Jum'at, 17 Mei 2024 - 07:47 WIB
Prodi Profesi Kurator Keanekaragaman Hayati jadi Program Studi baru yang dibuka Fakultas Biologi UGM. Foto/UGM.
JAKARTA - Prodi Profesi Kurator Keanekaragaman Hayati jadi Program Studi baru yang dibuka Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada ( UGM ). Terdapat beberapa fakta menarik yang berkaitan dengan prodi baru ini.

Dikutip dari laman resmi UGM, profesi Kurator Keanekaragaman Hayati merupakan langkah awal dan pembuka sejarah dalam memperkuat posisi dan peran strategis Biologi pada dalam menopang Indonesia sebagai negara Megabiodiversitas dunia.

Baca juga: Pertama di Asia dan Indonesia, Ini Prodi Profesi Terbaru UGM



Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof. Budi Setiadi Daryono, mengungkapkan jika pembukaan prodi ini bertujuan untuk memperkuat implementasi Inpres No.1/2023 tentang Pengarusutamaan Keanekaragaman Hayati dalam Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia.

5 Fakta Prodi Profesi Kurator Keanekaragaman Hayati UGM

1. Prodi Kurator Keanekaragaman Hayati Pertama di Asia



Prodi Kurator Keanekaragaman Hayati jadi Prodi pertama di Indonesia dan Asia yang fokus untuk mencetak Kurator Kehati, setelah Cambridge University, Inggris. Menjadikan ini sebagai gebrakan baru yang diambil oleh UGM di tahun 2024 ini.

Untuk pengembangan prodi baru ini, Fakultas Biologi UGM telah menjalin kerja sama dengan Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) dan Indonesia Biologist Association (IBA) atau Perkumpulan Profesi Ilmu Hayati Indonesia (PIHI).

2. Telah Lakukan Uji Sertifikasi



Sebelum dibuka pada tahun 2024, Fakultas Biologi UGM terlebih dahulu menyelenggarakan Uji Sertifikasi Profesi Kurator Keanekaragaman Hayati bidang Tumbuhan untuk beberapa dosen UGM yang memiliki kompetensi yang sesuai, di tahun 2023 lalu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More