Musim PPDB 2024, Begini 5 Strategi Jitu yang Bisa Dipraktikkan Sebelum Mendaftar

Selasa, 11 Juni 2024 - 10:44 WIB
Saat pendaftaran PPDB sangat penting bagi siswa maupun orangtua memahami petunjuk teknis pendaftaran PPDB. Banyak dari mereka yang tidak memahami petunjuk teknis PPDB dengan baik dan benar sehingga hal ini bisa merugikan siswa calon pendaftar.

Jangan mencoba memahami dengan menggunakan pemahaman pribadi, karena apa yang tersirat dalam petunjuk teknis belum tentu sesuai dengan pemahaman pribadi.

Berikut adalah beberapa hal yang akan membantu siswa dan orangtua dalam memahami petunjuk teknis sebagai berikut. Pertama, mencari petunjuk teknis PPDB melalui situs web resmi sekolah atau media sosial resmi sekolah.

Pastikan bahwa laman yang dikunjungi adalah laman resmi dari sekolah yang berakhiran sch.id serta pastikan bahwa media sosial yang kita hubungi adalah media sosial resmi dari sekolah.

Kedua, sekolah menyediakan layanan helpdesk dan aduan. Jika ada hal-hal yang kurang jelas segera tanyakan pada layanan tersebut secara langsungJangan pernah mencoba memahami petunjuk teknis dengan menggunakan pemahaman logika sendiri, karena kadang apa yang tersirat dan kita pahami pada petunjuk teknis belum tentu sesuai dengan apa yang tertera pada petunjuk teknis.



3. Observasi Arsip Hasil Seleksi



Observasi arsip seleksi juga bagian hal penting sebagai persiapan pendaftaran PPDB. Observasi arsip seleksi ini bertujuan untuk melihat batas teratas dan terendah komponen seleksi yaitu jarak untuk jalur pendaftaran zonasi, afirmasi, perpindahan tugas serta nilai/skor bagi jalur pendaftaran prestasi akademik dan non akademik.

Sebagai contoh, bagi siswa yang akan mendaftarkan diri melalui jalur zonasi, maka yang dibuka adalah arsip PPDB jalur zonasi pada tahun sebelumnya. Amati dengan seksama jarak terdekat dan terjauh siswa yang diterima melalui jalur zonasi pada tahun sebelumnya, sehingga pendaftar PPDB akan memiliki sedikit gambaran rentang jarak yang diterima melalui jalur zonasi pada sekolah tersebut.

Begitu juga dengan jalur pendaftaran yang lain seperti afirmasi dan perpindahan tugas, lakukan observasi arsip dengan cara yang sama. Sebagai catatan jangan menjadikan hasil oberservasi ini sebagai patokan mutlak rentang jarak, nilai dan skor tertinggi dan terendah yang pasti akan diterima.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More