42 Persen Mahasiswa KIP Kuliah Lulus Cum Laude, Mayoritas IPK di Atas 3

Rabu, 10 Juli 2024 - 10:16 WIB
42 persen mahasiswa KIP Kuliah yang lulus dengan status cum laude. Bahkan ada yang menyentuh IPK 3,99. Foto/SINDOnews.
JAKARTA - 42 persenmahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang lulus dengan status cum laude . Bahkan ada yang menyentuh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,99.

Hasil ini diketahui dari tracer study yang dilakukan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) periode April-September 2023. Tracer study ini menggunakan metode survei melalui penyebaran kuesioner, WhatsApp, dan wawancara.

Baca juga: Kemendikbudristek Pastikan Pencairan dan Pendaftaran Baru KIP Kuliah Tetap Berjalan



Dikutip dari laman Puslapdik, Rabu (10/7/2024), tracer study atau survei alumni untuk melacak dan mengevaluasi kinerja alumni dalam mencari pekerjaan setelah lulus kuliah menyasar alumni Bidikmisi/KIP Kuliah sejak angkatan pertama masuk kuliah tahun 2010.

Namun sebagian besar responden adalah alumni yang masuk kuliah mulai tahun 2014 atau lulus dalam periode 5 tahun terakhir dan lulus maksimal tahun 2022.

Baca juga: Pusat Data Nasional Jebol, KIP Kuliah 16.316 Mahasiswa Belum Cair

Menurut data Kemendikbudristek, total mahasiswa penerima Bidikmisi/KIP Kuliah sejak 2010 sampai 2024 sekitar 1.052.445 ribu orang dengan alumni atau sudah lulus sekitar 440 ribu orang.

Dari sejumlah 440 ribu tersebut, yang berhasil terdeteksi keberadaannya melalui sistem hanya sekitar 125 ribu orang alumni ditambah sekitar 3 ribuan alumni yang terdata oleh Permadani Diksi KIP K Nasional.

Baca juga: Situs KIP Kuliah Down Bikin Netizen Menjerit, Mahasiswa Diminta Lakukan Ini
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More