10 Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya, Mudah Dipahami

Rabu, 11 September 2024 - 13:05 WIB
Orientasi

Setelah pulang sekolah aku memutuskan untuk langsung menuju ke kos tanpa mampir ke tempat seperti biasa. Saat melihat dispenser di kamar kos, aku berpikir bahwa sepertinya nikmat sebelum tubuh berbaring minum kopi terlebih dahulu. Kebetulan saat itu persediaan kopi masih lumayan banyak.

Insiden

Kopi pun sudah siap diminum dan aku ingin pergi ke kos lantai 1 (kamar saya di lantai 2) sembari membawa kopi yang baru saja dibuat.

Aku nekat membawa gelas kopi menuruni anak tangga tetapi karena aku gugup menuruni anak tangga, tanganku menjadi tidak seimbang sehingga kopi pun tumpah ke anak tangga, dimana anak tangga tersebut sering dilewati oleh anak-anak.

Interpretasi

Berdasarkan cerita pengalaman pribadi diatas, kita bisa belajar ketika membawa sesuatu terutama yang rawan, kita harus lebih berhati-hati dan tidak tergesa-gesa. Sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Contoh Teks Eksemplum berjudul "Kejujuran Seorang Anak"



Orientasi

Andi adalah siswa kelas 6 SD. Ia tinggal bersama ibunya. Ibunya adalah seorang penjual kue. Setiap pulang sekolah ia berjualan koran. Ia jual koran karena pendapatan ibunya sebagai penjual kue kurang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More