Mengenal Jurusan Ototronik, Prospek Kerjanya Menjanjikan di Industri Otomotif

Minggu, 15 September 2024 - 14:46 WIB
Untuk menjawab tantangan SDM industri otomotif, pendidikan vokasi khususnya di SMK, menawarkan program keahlian ototronik. Foto/SMK PSM Duta.
JAKARTA - Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, kebutuhan tenaga kerja di sektor elektronik dan otomotif juga semakin meningkat. Untuk menjawab tantangan ini, pendidikan vokasi, khususnya di SMK , menawarkan program keahlian ototronik.

Program ini merupakan inovasi dalam dunia pendidikan yang memfokuskan pengajaran pada keterampilan teknis di bidang otomotif dan elektronika.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jurusan Konstruksi SMK, dari yang Ada di Jakarta hingga Pekanbaru



Di dalamnya, siswa akan mempelajari berbagai aspek elektronika dan mekanika otomotif. Mereka diajarkan untuk memahami teknologi terkini yang diterapkan pada kendaraan modern, yang sebagian besar dilengkapi dengan sistem elektronik canggih, seperti unit kontrol mesin (ECU), sistem rem anti-lock (ABS), serta teknologi hybrid atau listrik.

Salah satu SMK yang menyediakan program keahlian ototronik adalah SMKN 5 Sukoharjo, Jawa Tengah.

Baca juga: SMK Wiskar Kudus Punya 2 Jurusan Bidang Pelayaran, Peluang Kerjanya Menjanjikan

Dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Minggu (15/9/2024), Waluyo, seorang guru di program keahlian ototronik SMKN 5 Sukoharjo, menyatakan bahwa lulusan dari program ini memiliki banyak peluang karier di industri otomotif. Berikut adalah beberapa peluang karier dari program ototronik.

Program keahlian ototronik di SMK membuka banyak peluang karier yang luas dan menjanjikan di industri otomotif. Dengan keterampilan yang diperoleh dalam bidang otomotif dan elektronik, lulusan program ini siap untuk menghadapi berbagai tantangan teknologi kendaraan modern.

3 Prospek Kerja Ototronik

1. Teknisi Diagnostik Kendaraan

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More