Kemenag Optimistis Wujudkan Target 50% PTKIN Raih Akreditasi Unggul

Kamis, 19 September 2024 - 12:58 WIB
Kementerain Agama (Kemenag RI) optimistis mewujudkan target 50% PTKIN bisa meraih Akreditasi Unggul. Foto/Ist
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menargetkan 50 persen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) bisa mengantongi akreditasi Unggul. Saat ini, 17 dari 70 kampus PTKIN dan ratusan PTKI swasta terakreditasi Unggul.

“Kita berharap ke depan setidaknya separuh dari PTKIN kita mampu mencapai level akreditasi Unggul. Melihat situasi dan dinamika saat ini, saya percaya kita semua mampu mewujudkannya,” ujar Dirjen Pendidikan Islam Abu Rokhmad dilansir laman resmi kemenag.go.id, Kamis, 19 September 2024.

Abu mengatakan, upaya peningkatan akreditasi bukan sekadar target administratif. Tetapi proses memperkokoh peran PTKI sebagai lembaga unggul yang siap bersaing secara global.





Abu menekankan peran semua pihak, baik pimpinan perguruan tinggi maupun dosen sangat krusial untuk menghadirkan pendidikan berkualitas. Dirinya mengajak semua pihak untuk terus memperkuat data dan administrasi karena aspek ini sangat menentukan dalam proses akreditasi.

"Saya ingin mengingatkan kembali agar tidak ada informasi yang kosong atau terputus. Data yang baik adalah fondasi dari setiap upaya peningkatan kualitas. Apa pun caranya, kita harus memaksimalkan ini," tegas Abu.

Dia juga menyinggung peluang besar yang tersedia bagi para dosen PTKI dengan dibukanya 218 lowongan dosen ASN. "Ini kesempatan besar yang harus kita manfaatkan bersama. Mari kita pastikan para calon dosen yang terbaik bisa bergabung untuk memperkuat perguruan tinggi kita," ujar dia.

Dia juga mengingatkan agar menjaga keharmonisan antara berbagai pihak di internal perguruan tinggi. Khususnya antara pimpinan universitas dan birokrasi kampus.

“Hubungan antara rektor dan kepala biro ibarat suami istri yang saling melengkapi. Jangan sampai hal-hal kecil ini menghambat upaya besar kita dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi,” ujar dia.

Rokhmad juga berharap acara ini dapat menjadi momentum bagi perguruan tinggi keagamaan Islam untuk terus berinovasi dan bekerja sama dalam mencapai akreditasi Unggul.

"Kami siap mendampingi Bapak dan Ibu dalam setiap langkah proses ini. Mari kita jaga semangat, karena kualitas pendidikan kita adalah amanah yang harus terus kita jaga," kata pria murah senyum ini.
(wyn)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More