Prestasi Gemilang Prof Maila: Ilmuwan UIN Jakarta di Daftar Top 2% Dunia

Jum'at, 20 September 2024 - 17:33 WIB
Prestasi membanggakan kembali dicetak oleh Prof. Maila Dinia Husni Rahiem M.A. Ph.D. Foto/Dok UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
JAKARTA - Prestasi membanggakan kembali dicetak oleh Guru Besar Pendidikan Anak Usia Dini dan Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Direktur Center for the Study of Religion, Environment and Climate Change Prof. Maila Dinia Husni Rahiem M.A. Ph.D. Dia masuk daftar Stanford/Elsevier Top 2% Scientists Worldwide 2024, setelah sebelumnya juga tercatat pada 2023.

Prestasi ini mengukuhkan dirinya sebagai satu-satunya ilmuwan dari Perguruan Tinggi Keagamaan di Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar ilmuwan bergengsi yang dikeluarkan Stanford University dan Elsevier BV. Stanford University. Informasi keberhasilan Guru Besar Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ini didapat dari laman Top 2 Percent Scientists pada Jumat (20/9/2024).

Pada laman ini disebutkan bahwa pemeringkatan terbagi dalam dua kategori, yaitu Top 2% Scientist sepanjang karier dan kategori Top 2% Scientist dengan dampak sitasi satu tahun terakhir (single-year impact). Dari Indonesia, terdapat 40 ilmuwan yang masuk dalam kategori pertama dan 150 ilmuwan dalam kategori rising scientist dengan capaian dampak satu tahun.





Profesor Maila menempati peringkat ke-24 dari 150 ilmuwan dalam kategori Top 2% Scientist Single-year Impact dari total ilmuwan Indonesia yang masuk dalam daftar. Secara global, Profesor Maila menempati posisi ke-70.584 dari total 100.000 daftar ilmuwan berpengaruh dunia.

Posisi globalnya, naik signifikan dari peringkatnya tahun lalu, 87.240. Penilaian ini dilakukan oleh Stanford University dan Elsevier berdasarkan dampak sitasi karya ilmiah, menjadikan Prof. Maila salah satu ilmuwan dengan kontribusi signifikan dalam dunia akademik. Oleh Stanford University dan Elsevier, Profesor Maila dinilai memberikan dampak besar dalam tiga bidang keilmuan, yakni Pendidikan, Artificial Intelligence, dan Ilmu Sosial.

Dia menduduki peringkat kedua di Indonesia dalam bidang Pendidikan, peringkat keempat dalam Artificial Intelligence, dan peringkat pertama dalam Ilmu Sosial. Dengan capaian ini, Prof. Maila semakin memperkuat kontribusi UIN Jakarta di kancah akademik global. Data pemeringkatan 2024 dirilis sejak 7 September lalu. Atas prestasi ini, Kepala Pusat Layanan Kerja Sama Internasional ini mendapatkan apresiasi langsung dari pimpinan maupun koleganya di UIN Jakarta.

Rektor UIN Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar M.A. Ph.D. mengungkapkan kebanggaan dan apresiasi atas pencapaian Profesor Maila untuk bisa masuk dalam jajaran Top 2% Scientists terbaik dunia versi Stanford University dan Elsevier. “Prestasi ini tidak hanya mengharumkan nama UIN Jakarta, tetapi juga menjadi bukti nyata kualitas riset dan dedikasi tinggi yang ditunjukkan oleh Profesor Maila dalam di bidang pendidikan, kecerdasan artifial, dan dan ilmu-ilmu sosial,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ahmad Tholabi mengatakan bahwa capaian Prof. Maila menjadi dorongan penting bagi UIN Jakarta dalam upayanya mempercepat langkah menuju QS World University Ranking, salah satu target utama di bawah kepemimpinan Rektor Prof. Asep Saepudin Jahar. “Capaian ini menunjukkan bahwa UIN Jakarta dan PTKIN mampu bersaing di kancah internasional, khususnya dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” tuturnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More