Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Ini Profil 10 Pahlawan Revolusi Korban Kekejaman PKI

Sabtu, 28 September 2024 - 14:00 WIB
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila akan diperingati setiap tanggal 1 Oktober di mana peringatan ini dilatarbelakangi oleh peristiwa G30S/PKI. Foto/Dok Kemedikbud.
JAKARTA - Ini profil Pahlawan Revolusi yang menjadi korban G30S/PKI. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila akan diperingati setiap tanggal 1 Oktober di mana peringatan ini dilatarbelakangi oleh peristiwa G30S/PKI yang menculik dan membunuh para Pahlawan Revolusi. Artikel kali ini akan membahas, profil para Pahlawan Revolusi, simak ya!

Profil Para Pahlawan Revolusi Korban Kekejaman G30S/PKI



1. Jenderal (Anumerta) Ahmad Yani





Dilansir dari laman Kemendikbud, sosok Ahmad Yani diketahui meninggal di usia 43 tahun ketika peristiwa G30S PKI berlangsung. Ahmad Yani adalah seorang petinggi TNI AD di masa Orde Lama.

Dia lahir di Jenar, Purworejo pada 19 Juni 1922. Ketika muda, Ahmad Yani mengikuti pendidikan Heiho di Magelang dan Pembela Tanah Air (PETA) di bogor.

Setelah itu, karier Ahmad Yani berkutat di militer. Dia turut ikut dalam pemberantasan PKI Madiun 1948, Agresi Militer Belanda II, dan penumpasan DI/TII di Jawa Tengah. Pada tahun 1958, dia diangkat sebagai Komandan Komando Operasi 17 Agustus di Padang Sumatera Barat untuk menumpas pemberontakan PRRI. Ahmad Yani diangkat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tahun 1962.

2. Letjen (Anumerta) Suprapto



Suprapto berusia 45 tahun ketika peristiwa G30S PKI. Dia lahir di Purwokerto pada 20 Juni 1920, dan sempat mengikuti pendidikan di Akademi Militer Kerajaan Bandung dan harus terhenti karena pendaratan Jepang di Indonesia.

Pada awal kemerdekaan Indonesia, dia ikut merebut senjata pasukan Jepang di Cilacap. Kemudian, dia memasuki Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di Purwokerto dan ikut dalam pertempuran di Ambarawa sebagai ajudan Panglima Besar Sudirman.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More