Wamenaker Afriansyah Noor Raih Doktor dari Unsri Palembang

Sabtu, 28 September 2024 - 22:22 WIB
Wamenaker Afriansyah Noor foto bersama usai Sidang Terbuka Doktor Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsri di Palembang, Sabtu (28/9/2024). FOTO/IST
JAKARTA - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor meraih gelar doktor dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang. Gelar doktor tersebut didapat setelah menjalani Sidang Terbuka Doktor Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsri di Palembang, Sabtu (28/9/2024).

Afriansyah menulis disertasi terkait "Model Collaborative Governance dalam Evaluasi Program Peningkatan Kualitas Pekerja Migran Indonesia". Dalam sidang desertasi, Afriansyah mendapat predikat cumlaude.

"Alhamdulillah, hari ini saya telah berhasil menyelesaikan sidang terbuka promosi doktor di Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya," kata Afriansyah dalam keterangan tertulisnya.



Dalam presentasinya, mantan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) ini menekankan pentingnya kerja sama antarpemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas pekerja migran. Sehingga diskusi yang dihasilkan sangat produktif dan memberikan wawasan baru untuk penelitian ke depan.

Menurutnya, disertasi tersebut bisa digunakan oleh pemerintah untuk peningkatan dan perluasan kesempatan pekerja agar bisa bekerja ke luar negeri, khususnya Pekerja Migran Indonesia (PMI). Afriansyah berharap setelah meraih gelar doktor itu ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan dapat diimplementasikan dalam bidang ketenagakerjaan.

"Mudah-mudahan ilmu saya bisa diimplementasikan di bidang ketenagakerjaan khususnya. Hal ini juga dapat dikolaborasikan keilmuan saya untuk bangsa dan negara. Semoga penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kebijakan dan kesejahteraan pekerja migran Indonesia," kata Afriansyah.

Afriansyah juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjalanan akademiknya, terutama istri dan anak-anaknya. "Istriku tercinta, Lin Nurhayani dan anak-anakku Putri Ariska Anggraini Noor, Akmal Farhansyah Razzak, Lutfia Nur Hasna Rahmatika, dan Putra Ramzysyah Noor Razak terima kasih atas cinta, kasih sayang, doa serta dukungannya," ungkapnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan terima kasih kepada para promotor dan para penguji ahli disertasi dari Unsri Palembang. Di antaranya Prof Alfitri (Promotor); Prof M Sobri, Dr Abdullah Qiqi Asmara, Prof Andy Fefta Wijaya dari Universitas Brawijaya Malang; Prof Kim Soo-il (Professor Emeritus Busan University of Foreign Studies); dan Prof Zainuddin Nawawi; Prof Sriati; Dr Abdul Nadjib; Dr Andries Lionardo.

Sidang doktoral juga dihadiri Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah; Wakil Menteri Desa PDTT Prof Paiman Raharjo, dan Ketua Komisi Yudisial Prof Amzulian Rifai.
(abd)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More