Tim PPM UI Gelar Literasi Sadar Bencana dan Sosialisasi Mitigasi Bagi Remaja

Selasa, 01 Oktober 2024 - 15:49 WIB
Komunikasi yang cepat dan akurat mencegah beredarnya hoax yang berpotensi menimbulkan kepanikan yang tidak perlu di lingkungan sekolah dan keluarga siswa serta masyarakat umum.

Selain paparan materi kebencanaan dan mitigasi, program PPM Literasi Sadar Bencana juga diisi dengan kuis yang dipandu oleh alumni Sekolah Kajian Stratejik dan Global UI, Raisa Akmalie, Febi Rosseva. Siswa diberi pertanyaan terkait bencana dan mitigasi bencana untuk melihat bagaimana pemahaman siswa terkait bencana setelah mendengarkan paparan dari narasumber.

Kuis ini berhasil meningkatkan antusiasme siswa untuk memahami hal-hal terkait bencana dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya mengenali lingkungan sebagai modal awal dalam mempersiapkan diri menghadapi bencana. Untuk menanamkan kesadaran dalam menghadapi bencana bagi para siswa di Kharisma Bangsa Tim PPM UI 2024 juga menyumbangkan banner yang berisi informasi mitigasi bencana dalam bentuk infografis yang diharapkan akan menarik perhatian siswa.

Kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa Achmad Setiawan mengatakan tentang pentingnya mengadakan simulasi untuk mitigasi bencana. “Ilmu pengetahuan hanya akan menjadi wacana tanpa adanya simulasi. Simulasi menjadikan ilmu pengetahuan bisa diterapkan secara kontekstual. Oleh karena itu, saya berharap ke depannya PPM UI dapat mem-provide simulasi mengenai bencana di SMA Kharisma Bangsa," ujarnya.
(nnz)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More