Resmi! Kemendikbudristek Luncurkan Buku Panduan Pengunaan AI Bagi Mahasiswa dan Dosen

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 12:51 WIB
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merilis buku Panduan Penggunaan Generative Artificial Intelligence (GenAI) pada Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Jumat (11/10/2024). Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini info buku panduan menggunakan AI buat mahasiswa dan dosen dari Kemendikbudristek. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merilis buku Panduan Penggunaan Generative Artificial Intelligence (GenAI) pada Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Jumat (11/10/2024). Download (unduh) panduan AI di kampus ini di laman s.id/PanduanGenAI. Untuk info lengkapnya, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Buku Panduan Penggunaan AI untuk Mahasiswa dan Dosen



Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Prof Dr Ir Sri Suning Kusumawardani ST MT mengatakan panduan penggunaan AI (kecerdasan buatan) sengaja dikeluarkan untuk diperuntukkan bagi mahasiswa maupun dosen.



Menurut Suning, panduan penggunaan AI di kampus Indonesia ini antara lain berisi penggunaan generative AI oleh mahasiswa dan dosen, peluang penggunaan AI, ragam aplikasi generative AI, etika penggunaannya, literasi AI, tantangan dan risiko generative AI, strategi pencegahan risiko generative AI, dan pertimbangan pemilihan generative AI.

mengamini kemajuan teknologi kecerdasan artifisial (AI) saat ini sangat mempengaruhi semua kehidupan, termasuk pada sistem pembelajaran. Untuk itu, pengunaan AI tidak serta-merta dilarang begitu saja, tetapi dapat digunakan dengan cara-cara yang bijak.

"Kita munculkan (panduan) agar baik mahasiswa maupun dosen itu menggunakan teknologi generative AI secara etis dan bertanggung jawab. Kita tidak bisa menghindari penggunaan teknologi tersebut, kita tidak bisa melarang, tapi bagaimana kita bersama-sama menggunakan itu sebagai alat bantu tapi kita tetap berpikir secara kritis," kata Suning dalam peluncuran buku panduan di Gedung A Kemendikbudristek, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta.



AI Harus Digunakan Secara Positif



Prof Paulina Pannen MLS F, salah satu penyusun panduan GenAI buat mahasiswa dan dosen, mengatakan contoh tools yang ada buku panduan juga diharapkan terus berkembang dan mendukung civitas akademika secara positif.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More