Perpusnas Tetapkan Naskah Kidung Bwana Winasa sebagai IKON 2024

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 14:54 WIB
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) menetapkan Naskah Kidung Bwan? Wina?? sebagai Ingatan Kolektif Nasional (IKON) tahun 2024. Foto/Perpusnas.
JAKARTA - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) menetapkan Naskah Kidung Bwanā Winaṣā sebagai Ingatan Kolektif Nasional (IKON) tahun 2024. Kidung Bwanā Winaṣā layak diakui sebagai IKON yang merepresentasikan kekayaan budaya dan peristiwa penting dalam sejarah dunia.

Naskah Kidung Bwanā Winaṣā karya Ida Pedanda Ngurah ditulis dalam bentuk puisi tradisional macapat dan mencatat peristiwa-peristiwa penting seperti puputan Badung pada 1906.

Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas Mariana Ginting menyerahkan sertifikat penetapan IKON kepada perwakilan Gria Gede Belayu selaku keturunan penulis, perwakilan Giriya Mandhara Pemaron selaku penyimpan naskah, dan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Badung sebagai pengusul IKON, di Badung, Bali, pada Jumat (11/10/2024).



Baca juga: Perpusnas Tetapkan 7 Naskah Nusantara sebagai Ingatan Kolektif Nasional

“Kidung Bwanā Winaṣā dinilai oleh Dewan Pakar IKON memiliki signifikansi nasional, yakni mencatat kisah perjuangan rakyat Bali melawan kolonialisme Belanda melalui perang Puputan yang menjadi warisan penting bagi sejarah Indonesia,” tuturnya.

Deputi menekankan agar penganugerahan ini tidak sekadar menjadi selebrasi semata, namun ada pemanfataannya bagi masyarakat.

“Aksesibilitas dan pemanfaatan naskah Kidung Bwanā Winaṣā seluas-luasnya harus terus diarusutamakan untuk kepentingan pengetahuan dan kemajuan bangsa,” imbuhnya.

Selain itu, Deputi menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada berbagai pihak yang telah bekerja sama dengan Perpusnas dalam pemilihan naskah Kidung Bwanā Winaṣā menjadi IKON.

Baca juga: Kementerian PANRB Tetapkan Perpusnas Jadi Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More