5 Fakta UI Buka 3 Prodi Baru Spesialis dan Subspesialis di Fakultas Kedokteran

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 09:19 WIB

2. Spesialis Pendidikan Emergensi



Pembukaan prodi Spesialis Pendidikan Kedokteran Emergensi ini akan menjalani pendidikan selama delapan semester. Dengan menempuh pendidikan selama itu diharapkan dokter lulusan spesialis Emergensi mampu mengelola layanan emergensi, khususnya resusitasi, baik sebagai klinisi maupun manajerial.

Para lulusan dari Spesialis Emergensi ini nanti dapat bekerja di pelayanan pra-rumah sakit seperti Public Safety Center (PSC) di sini pasien mendapat penanganan pertama sebelum masuk Rumah Sakit, Layanan ambulans gawat darurat dimana petugas dapat menangani pasien infektif, pasien rawat intensif, dan kondisi geografis sulit, Layanan rujukan gawat darurat ke rumah sakit yang spesialis penyakitnya.

Baca juga: Dibuka hingga 13 Juni 2024, UI Buka Jurusan Baru S2 Terapan Industri Kreatif

Selain itu lulusan ini dapat memberikan layanan kebencanaan di berbagai instansi, termasuk Dinas Kesehatan, Pusat Krisis Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Badan SAR Nasional (Basarnas).

3. Subspesialis Jantung dan Pembuluh Darah dan Subspesialis Urologi



Prodi pendidikan Subspesialis ini akan menempuh pendidikan lebih pendek yaitu selama empat semester serta dibagi dalam tiga tahap yang akan dilalui secara komprehensif. Ketiga tahap tersebut adalah Pembekalan, Magang, dan Mandiri.

Pada tahap pertama pembekalan para mahasiswa jenjang Sp2 ini akan melakukan pembelajaran yang mendalam dengan materi yang telah disiapkan. Hal ini tentunya untuk mendukung pemahaman dalam keilmuan masing-masing Subspesialis.

Selanjutnya, para mahasiswa yang telah melalui pembekalan mereka akan ditempatkan di rumah sakit pendidikan untuk mengikuti magang. Pada penempatan ini mereka akan mendapatkan pelatihan klinis dan intensif sesuai peminatan masing-masing.

Terakhir, mahasiswa akan diberikan kemandirian dalam bekerja namun dalam bimbingan, program ini diberikan untuk membuka kesempatan bagi para peserta mempersiapkan diri menjadi konsultan jantung dan pembuluh darah serta konsultan urologi yang kompeten.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More