Rekrutmen 1 Juta Guru, Kemendikbud: Kebutuhan Guru di Daerah Sangat Banyak

Rabu, 07 Oktober 2020 - 15:40 WIB
Seorang guru sekolah dasar mengajar tatap muka di sebuah mushala di Surabaya. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Terkait dengan rencana rekrutmen guru yang akan dilakukan tahun depan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) saat ini sudah melakukan deteksi terhadap kebutuhan guru per daerah, per mata pelajaran dan per jenjang.

Sekretaris Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Nunuk Suryani mengatakan, pemerintah saat ini sedang berusaha memenuhi seluruh kebutuhan guru di sekolah-sekolah negeri melalui pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di tahun 2021. (Baca juga: Rekrutmen 1 Juta Guru pada 2021, BKN: Masih Dikaji 3 Kementerian )

"Tentunya hal ini dilakukan dengan melalui tahapan tes seleksi,” katanya ketika dihubungi SINDOnews terkait rencana rekrutmen guru tahun depan, Rabu (7/10).

Nunuk menjelaskan, Kemendikbud sendiri sudah mendeteksi angka kebutuhan guru per daerah, per mata pelajaran dan per jenjang. Dia menjelaskan, deteksi ini dilakukan Kemendikbud dengan menganalisa data guru eksisting yang sekarang ada. Nunuk menuturkan, informasi mengenai data guru ini juga ada di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud. (Baca juga: Pemerintah pada 2021 akan Rekrut 1 Juta Guru, Ini Syarat yang Diprioritaskan )

Nunuk menuturkan, terkait dengan kebutuhan anggaran gaji/honor/upah guru PPPK tersebut telah dialokasikan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di daerah untuk tahun anggaran 2021. Nantinya, ujar Nunuk, proses tes seleksi guru ini akan dilaksanakan bersama tiga instansi. "Proses tes seleksi akan dilaksanakan bersama antara Kemendikbud, Kemenpan, dan BKN," pungkasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mpw)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More