Ini Beda Jalur Masuk Mahasiswa Baru Program Sarjana dan Vokasi

Senin, 07 Juni 2021 - 18:36 WIB
Mahasiswa. Foto/Ist
JAKARTA - Ada beragam jenis jenis jalur masuk bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di program pendidikan sarjana ataupun yang ingin menempuh pendidikan tinggi di program vokasi. Simak apa saja jalur yang dibuka melalui penjelasan di bawah ini.

Dikutip dari instagram Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi di @diktivokasi, Senin (7/6), berdasarkan UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, program pendidikan di pendidikan tinggi mencakup pendidikan akademik (sarjana, magister, dan doktor), pendidikan profesi/spesialis dan pendidikan vokasi (diploma, sarjana terapan, dan magister terapan).



Nah untuk masuk ke pendidikan tinggi akademis ataupun vokasi, ada jalur masuk yang harus dilewati terlebih dahulu oleh para calon mahasiswa. Simak informasi perbedaan jalur masuk program sarjana dan vokasi di bawah ini:

A. Jalur Masuk Program Sarjana

Jalur masuk di program sarjana ini ada 3. Jalur tersebut antara lain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Mandiri.

1. Jalur SNMPTN

Jalur ini adalah jalur paling awal dari lainnya. Jalur SNMPTN merupakan jalur yang menggunakan nilai rapor dan siswa. Bisa dibilang ini adalah jalur prestasi.Jadi kalau sudah diterima melalui jalur ini, maka tidak perlu bingung untuk memikirkan untuk tes berikutnya.

2. Jalur SBMPTN

Jalur SBMPTN adalah ujian yang diadakan setelah jalur SNMPTN. Untuk mengikuti seleksi dijalur ini, wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Nilai di UTBK ini nantinya akan digunakan untuk menentukan apakah layak masuk SBMPTN atau tidak
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More