Ini 5 Keutamaan Pengenalan Profesi pada Anak

Kamis, 08 Juli 2021 - 13:23 WIB
Seorang siswa SD Al Azhar, Depok, Yusuf Arkananta P dan adiknya yang masih PAUD, Azzahra Putri Ramadhani, bercita-cita ingin jadi Pilot dan Dokter. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Seringkali anak ketika ditanya jika sudah besar ingin menjadi apa lalu dia akan menyebutkan satu profesi yang ingin dijalaninya kelak dewasa nanti. Namun dengan perkembangan teknologi maka akan muncul beragam profesi baru yang bisa menjadi cita-citanya kelak.

Dikutip dari instagram resmi Direktorat Paud Kemendikbudristek di @paudpedia, Rabu (7/7), pengenalan akan beragam profesi akan menjadikan anak mempunyai banyak pilihan mimpi atau cita-cita.



Yang menginspirasi biasanya adalah orang yang jadi panutan atau role model, bisa tokoh yang nyata (Aku ingin jadi kayak Ayah) dan bisa tokoh imajinatif (Aku ingin jadi princess).

"#SobatPAUD pastikan ya role model anak kita adalah mereka yang punya sifat dan perilaku positif," tulis Paud Kemendikbudristek di IGnya.

Cita-cita anak bisa berubah sesuai dengan perkembangan usia dan semakin banyaknya profesi yang diketahuinya. Oleh karena, itu kita perlu mengenalkan berbagai profesi pada mereka.



Ada banyak keutamaan yang didapatkan anak dengan mengenal profesi tersebut. Simak apa saja keutamaan tersebut melalui penjelasan dibawah ini:

1. Menambah wawasan dan memberi inspirasi pada anak.

Ana mengetahui bahwa jenis-jenis profesi itu bukan hanya dokter, pilot, polisi atau guru. Penjual sayur, penulis, wartawan ataupun reporter tv, desainer, chef, sopr, nelayan, atlet, ahli komputer itu juga merupakan profesi atau pekerjaan yang dapat dilakukan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More