Ini 17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Rabu, 08 Desember 2021 - 11:30 WIB
Jurusan Teknik Informatika. Foto/Ist
JAKARTA - Salah satu jurusan yang menjadi favorit dan juga dengan tingkat keketatan tertinggi adalah jurusan teknik . Jurusan teknik pun banyak tersedia di perguruan tinggi. Berikut ini ulasan 17 jurusan teknik dengan prospek kerja menjanjikan yang bisa dipilih calon mahasiswa baru.

Salah satu seleksi penerimaan mahasiswa baru yang akan dibuka Januari 2022 adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ). Tentunya mahasiswa harus sudah mulai menyiapkan segala sesuatunya mulai dari dokumen hingga pilihan jurusan yang akan ditempuh di perguruan tinggi. Ada banyak pilihan jurusan yang tersedia di perguruan tinggi.



Jurusan yang bisa dipilih salah satunya jurusan teknik yang dinilai memiliki peluang kerja yang luas dan menjanjikan di Indonesia. Misalnya jurusan pertambangan dan perminyakan, jurusan yang satu ini pastinya memiliki peluang kerja luas di Indonesia yang terkenal dengan sumber daya alam yang melimpah.

Ada pula jurusan teknik sipil, sebagai negara yang masih akan menggencarkan pembangunan infrastruktur maka professional dari jurusan teknik sipil juga akan direkrut oleh banyak perusahaan. Tidak hanya perusahaan infrastruktur atau konstruksi swasta namun juga perusahaan milik negara.



Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, berikut ini rangkuman 17 jurusan teknik dengan prospek kerja yang menjanjikan yang mungkin bisa menjadi rujukan calon mahasiswa pada seleksi penerimaan mahasiswa baru.

1. Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan teknik yang sangat lekat dengan infrastruktur. Jurusan ini akan mempelajari proses merancang, membangun dan merenovasi gedung, jalan, jembatan, bendungan, serta infrastruktur lainnya dan mempunyai peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

Lulusan dari Teknik Sipil bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lain di bidang konstruksi.

2. Teknik Mesin

Hampir semua hal saat ini menggunakan mesin untuk efisiensi atau juga untuk memaksimalkan produksi. Para mahasiswa yang suka dengan permesinan akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Materi tentang mekanika, kinematika, teknik material dan termodinamika juga akan diperdalam disini.

Lulusan dari prodi ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan, dan sebagainya.

3. Teknik Industri

Teknik industry tidak hanya akan mempelajari seluk-beluk mesin manufaktur, tetapi juga tentang sistem manajemen sebuah industri. Prospek kerjanya luas mulai dari industry kecil hingga besar. Baik di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

4. Teknik Elektro

Mahasiswa Teknik Elektro akan mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan ini pun dipecah ke dalam beberapa konsentrasi dan memiliki cakupan yang sangat luas. Berkat keahlian di bidang kelistrikkan, banyak lulusan Teknik Elektro yang membidik industri-industri tenaga listrik besar, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Bekerja di industri telekomunikasi, perminyakan dan gas, otomotif, hingga perusahaan bertaraf multinasional juga bisa menjadi pilihan.

5. Teknik Nuklir

Teknik Nuklir merupakan jurusan yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Nuklir tak hanya digunakan untuk bom atom saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk bidang medis, pembangkit listrik, dan energi.

Prospek kerja di bidang ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Mulai dari perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti PLN, PLTN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan sebagainya.

6. Teknik Perminyakan

Jurusan ini akan mempelajari tentang penambangan fluida, yaitu berupa minyak bumi, gas alam dan panas bumi. Mahasiswanya juga akan belajar tentang eksplorasi, eksploitasi dan cara pengolahan minyak. Sebagai mahasiswa Teknik Perminyakan, juga dituntut untuk inovatif dalam menentukan teknik yang lebih efisien dalam menghasilkan energi dengan tingkat emisi rendah.

Prospek kerja dari jurusan ini terkenal sangat menjanjikan karena sumber daya minyak termasuk salah satu sumber daya yang paling bernilai. Kariernya bisa dimulai di perusahaan sektor migas nasional hingga internasional seperti Pertamina, Chevron, Total, Shell, dan masih banyak lagi.

7. Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan akan mempelajari bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkupnya pun cukup luas, mulai dari pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, sistem drainase, dan sebagainya. Lulusannya bisa bekerja di industri-industri yang bergerak di bidang petrokimia, minyak, pertambangan, dan sebagainya.

8. Teknik Perkapalan

Sebagai negara maritime, kapal menjadi transportasi yang penting untuk menunjang kegiatan ekonomi hingga pertahanan di Indonesia. Jurusan Teknik Perkapalan mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan kapal, seperti perancangan dan pembangunan kapal, pengoperasian kapal, dan bisnis pengoperasian armada kapal. Potensi kerjanya bisa dimulai di beberapa bidang seperti pembangunan kapal baru, pembangunan sarana industri lepas pantai, pemeliharaan dan reparasi kapal, dan masih banyak lagi.

9. Teknik Kimia
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More