Deretan Menteri di Kabinet Jokowi yang Kuliah di Amerika

Senin, 13 Desember 2021 - 23:23 WIB
Presiden Joko Widodo menunjuk beberapa menteri dari lulusan perguruan tinggi dari luar negeri seperti Amerika Serikat. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Presiden Joko Widodo menunjuk beberapa menteri dari lulusan perguruan tinggi dari luar negeri seperti Amerika Serikat. Mulai dari Sandiaga Uno hingga Sri Mulyani Indrawati tercatat menjadi alumni di sejumlah perguruan tinggi di Negeri Paman Sam tersebut.

Indonesia memiliki banyak tokoh-tokoh hebat. Perjalanan kariernya bisa ditelisik mulai dari perjuangan mereka menempuh pendidikan tinggi. Tidak terkecuali para menteri yang menjadi membantu Presiden Jokowi di pemerintahan banyak yang merupakan lulusan perguruan tinggi luar negeri. Mulai dari Inggris hingga Amerika serikat.



Berikut ini adalah sederet menteri-menteri di Kabinet Indonesia Maju yang pernah mengenyam pendidikan tinggi di Amerika Serikat yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Melansir laman luhutpandjaitan.id, Luhut yang dilahirkan di sebuah kampung kecil di Simargala, Toba Samosir, Sumatera Utara pada 28 September 1947 ini tercatat berkuliah di George Washington University, Washington, D.C untuk meraih gelar S2 Masters of Public Administration pada 1991.

Luhut yang pangkat terakhirnya ialah Jenderal Kopassus bintang empat ini juga pernah mendapat pendidikan di National Defense University, Fort McNair, D.C.,USA pada 1990.



2. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Melansir laman Kemenkeu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia pada 1986.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More