6 Jenis Ikan Ini Sangat Baik untuk Tingkatkan IQ Anak Anda

Kamis, 06 Januari 2022 - 15:13 WIB
Berdasarkan studi terbaru, anak-anak yang makan ikan setidaknya sekali dalam seminggu, memiliki IQ yang lebih tinggi daripada anak yang jarang makan ikan. Foto/Ist
JAKARTA - Sebagai negara maritime ikan merupakan bahan pangan yang mudah ditemui di Indonesia. Selain bertekstur lembut dan enak, mengkonsumsi ikan pun membawa banyak manfaat salah satunya bermanfaat untuk perkembangan otak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Bahkan, berdasarkan studi terbaru, anak-anak yang makan ikan setidaknya sekali dalam seminggu, memiliki IQ yang lebih tinggi daripada anak yang jarang makan ikan.



Melansir dari laman halodoc.com, berikut ini 6 jenis ikan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan anak.

1. Salmon

Dalam setiap 100 gram ikan salmon terdapat 415 kalori, 46 gram protein, dan 23 gram lemak. Selain itu, salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yaitu kandungan yang berperan besar dalam meningkatkan intelegensi anak. Kandungan lainnya yang terdapat dalam ikan salmon, seperti zinc, zat besi, niacin, vitamin B12 dan vitamin B6 merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

2. Bandeng

Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang murah meriah namun memiliki banyak gizi. Tidak hanya mengandung kalori, protein, dan lemak, bandeng juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Kandungan omega-3 di dalam ikan bandeng juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan membantu agar anak memiliki penglihatan yang lebih baik lagi.

Namun, karena ikan bandeng memiliki banyak duri, untuk memberikannya pada anak bisa menyiasatinya dengan memasak ikan bandeng dengan teknik presto sehingga durinya bisa melunak.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More