Mengenal 10 PTN dengan Jurusan Kuliah Teknik Mesin Terbaik

Kamis, 19 Januari 2023 - 17:37 WIB
loading...
Mengenal 10 PTN dengan Jurusan Kuliah Teknik Mesin Terbaik
Terdapat 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan jurusan kuliah teknik mesin terbaik. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat 10 Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) dengan jurusan kuliah teknik mesin terbaik. Saat ini teknik mesin menjadi salah satu jurusan kuliah yang cukup populer.

Bertambahnya kebutuhan perusahaan terhadap karyawan dari lulusan teknik mesin, membuat banyaknya universitas negeri di Indonesia yang membuka program pendidikan dengan jurusan teknik mesin.

Baca juga : Ini 4 Kampus Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Mengutip dari QS World University Ranking, berikut 10 PTN Indonesia dengan jurusan kuliah teknik mesin terbaik :

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) menjadi hasil pemekaran dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) sesuai surat keputusan Rektor ITB No.245/SK/OT/2007 tanggal 10 September 2007.

FTMD sendiri membuka program pendidikan sarjana, magister, dan doktor seperti Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, dan Teknik Material. Untuk jurusan Mesin sendiri didirikan pada tahun 1942 dan saat ini memiliki jenjang program Sarjana, Magister, dan Doktor.

2. Institut Teknologi Sepuluh November

Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) didirikan pada 17 Agustus 1957. Namun, baru diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 10 November 1957. Kala itu, YPTT memiliki 2 Fakultas. Teknik Mesin (S1) dan Pendidikan Ahli Teknik (PAT) serta Teknik Sipil (S1) dan Pendidikan Ahli Teknik (PAT).

Dikutip dari situs resminya, YPTT berubah nama menjadi Institut Teknologi Sepuluh November pada 3 November 1960. Setelah itu, mulai muncul fakultas-fakultas lain yang terus berkembang sampai sekarang. Dari ketiga program studi Teknik Mesin yang tersedia di ITS, semuanya sudah mendapatkan Akreditasi BAN PT : A.

3. Universitas Indonesia

Dikutip dari situs resminya, Fakultas Teknik Universitas Indonesia berdiri pada 17 Juli 1964. Jurusan yang dibuka pada awalnya hanya Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin. Setelah berkembang, muncul banyak jurusan baru yang tersedia di UI.
Berdasarkan survei yang dilakukan QS World University, Fakultas Teknik Universitas Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Program Studi ini tersedia bagi jenjang Sarjana, Magister, hingga Doktor.

Program sarjana Teknik Mesin memiliki akreditasi BAN PT : A serta Akreditasi ASEAN University Network (AUN) 2008 (Dibawah Departemen Teknik Sipil).

4. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Teknik Mesin UGM juga masuk dalam jajaran kampus teknik mesin terbaik di Indonesia. Program Studi teknik mesin berada di Departemen Teknik Mesin dan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Untuk jurusan teknik mesinnya sendiri terdiri dari program sarjana (S1), pascasarjana(S2), dan doktor (S3). Program Studi Teknik Mesin terakreditasi Unggul (U) oleh BAN PT serta telah terakreditasi juga oleh Accreditation Board of Engineering and Technology (ABET).

5. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jurusan Teknik Mesin UNDIP sendiri telah resmi berdiri pada tahun 1984. UNDIP telah menyediakan fasilitas umum untuk menunjang pendidikannya seperti ruang kelas, perpustakaan, sport center, mushola, kantin dan laboratorium.

UNDIP menyediakan laboratorium lengkap seperti Laboratorium pendukung di sini antara lain Laboratorium Robotika Otomasi, Laboratorium Thermofluids dan Laboratorium Metrologi.

6. Universitas Brawijaya Malang

Program studi Teknik Mesin Universitas Brawijaya dibagi menjadi 4 program studi yakni Konsentrasi Teknik Konstruksi, Konsentrasi Teknik Manufaktur, Konsentrasi Teknik Konversi Energi, dan Konsentrasi Teknik Material.

Program studi S-1 Teknik Mesin Universitas Brawijaya mendapatkan akreditasi dengan peringkat “Unggul” berdasarkan SK Nomor 12596/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2021 dari BAN PT.

Baca juga : Jurusan Teknik Informatika dan Teknik Komputer, Ini Perbedaannya

7. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret juga termasuk perguruan tinggi terbaik yang menyediakan program pendidikan dengan jurusan teknik mesin terbaik.

Jurusan S-1 Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret mendapatkan akreditasi dengan peringkat “Unggul” berdasarkan SK Nomor 0005/SK/LAM Teknik/PYT/V/2022 dari BAN PT.

Jurusan teknik mesin telah terakreditasi internasional dari Asean Network University Quality Assurance (AUN QA) dan Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

8. Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar

UNHAS menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di jurusan teknik mesin. UNHAS telah menyediakan fasilitas terbaik seperti Ruang kelas, Sport Centre, Layanan Mahasiswa, Laboratorium Motor Bakar, Lab Fisika Dasar Lab Teknologi Mekanik dan Lab Pengecoran.

Teknik Mesin Universitas Hasanuddin mendapatkan akreditasi dengan peringkat “Unggul” berdasarkan SK Nomor 1698/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2022 dari BAN PT.

9. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Program Studi Sarjana Teknik Pertanian dan Biosistem (PS TPB) merupakan salah satu program studi teknik mesin terbaik yang dikelola Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) IPB.

10. Universitas Andalas (UNAND)

Terakhir ada Universitas Andalas yang memiliki visi menjadi program studi S1 teknik mesin terbaik yang mampu bersaing di tingkat nasional. Jurusan teknik mesin di UNAND saat ini sudah memiliki akreditasi A dari BAN-PT.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)