Unkris Bangun Gedung Peradilan Semu untuk Lab Praktik Mahasiswa Hukum

Jum'at, 20 Januari 2023 - 16:46 WIB
loading...
Unkris Bangun Gedung Peradilan Semu untuk Lab Praktik Mahasiswa Hukum
Universitas Krisnadwipayana (Unkris) kini memiliki Gedung Peradilan Semu bernama Prof A Karim Nasution SH. Foto/Unkris.
A A A
JAKARTA - Universitas Krisnadwipayana (Unkris) kini memiliki Gedung Peradilan Semu. Gedung bernama Prof A Karim Nasution SH tersebut akan dimanfaatkan untuk tempat praktik bagi mahasiswa Fakultas Hukum.

Gedung itu telah diresmikan penggunaannya oleh Ketua Senat Fakultas Hukum Unkris Prof. Dr. M. Iman Santoso, SH, MH, MA pada Kamis (19/1/2023). Disaksikan Ketua Yayasan Unkris Amir Karyatin dan jajarannya, Rektor Unkris Ayub Muktiono dan jajarannya serta ahli waris (anak) dari Prof Karim Nasution, Ruswitha Nasution.

Prof Iman menyampaikan apresiasi terhadap Rektor dan Yayasan Unkris yang telah berhasil menyelesaikan pembangunan gedung Peradilan Semu ini tepat waktu. Gedung ini penting sebagai upaya melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran yang dibutuhkan oleh mahasiswa Unkris terutama dari Fakultas Hukum.

Baca juga: Cerita Izza, Mahasiswa FMIPA UNY Putri Buruh Serabutan yang Sukses Lulus Cum Laude

“Gedung Peradilan Semu dapat dijadikan semacam laboratorium bagi mahasiswa Fakultas Hukum untuk melakukan simulasi atas proses peradilan yang ideal oleh mahasiswa Unkris baik S1, S2 maupun S3. Sebab dalam proses pembelajaran di Fakultas Hukum, menghadirkan praktik peradilan dengan tempat yang didesain sama persis dengan gedung peradilan sesungguhnya, sangatlah penting,” papar Prof Iman, dalam keterangan resmi, Jumat (20/1/2023).

Diakui Prof Iman, mahasiswa Fakultas Hukum Unkris dalam beberapa ajang lomba Peradilan Semu tingkat nasional berhasil meraih prestasi membanggakan bahkan dapat mengalahkan peserta dari perguruan tinggi negeri.

Potensi ini harus terus dibina dan dikembangkan sehingga mahasiswa Unkris kembali berjaya dalam berbagai even atau lomba Peradilan Semu sekaligus mengembalikan Unkris sebagai kampus unggul di bidang hukum.

“Unkris dikenal sebagai universitas yang memiliki keunggulan di bidang ilmu hukum. Banyak alumni fakultas hukum Unkris yang memiliki kiprah penting baik sebagai pejabat publik, anggota dewan maupun praktisi hukum,” tambahnya.

Salah satu alumni sekaligus pengajar hukum di Unkris yang sangat terkenal adalah Prof Karim Nasution yang namanya kini diabadikan sebagai nama gedung Peradilan Semu Unkris. Almarhum Prof Karim Nasution merupakan orang yang memiliki jasa sangat besar terhadap berkembangnya Fakultas Hukum Unkris.

“Jadi gedung ini semacam memori untuk mengenang jasa-jasa beliau selama mengajar di Unkris. Karena dari tangan beliau kemudian lahir pemimpin-pemimpin Unkris di bidang hukum,” katanya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2578 seconds (11.210#12.26)