7 Cara Hidup Hemat untuk Mahasiswa dari Dosen Unesa

Selasa, 24 Januari 2023 - 15:21 WIB
loading...
7 Cara Hidup Hemat untuk Mahasiswa dari Dosen Unesa
Dosen Unesa membagikan 7 tips untuk hidup hemat yang bisa dilakukan mahasiswa selama studi di perguruan tinggi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sebagai mahasiswa gaya hidup hemat memang sejatinya harus dilakukan. Sebab banyak kebutuhan selama kuliah yang harus dibiayai.

Tidak hanya untuk kebutuhan makan, namun ada saja biaya untuk membeli buku, biaya praktikum, hingga biaya pulsa untuk paket data untuk menunjang kegiatan perkuliahan.

Situasi perekonomian saat ini yang tidak menentu pun menuntut mahasiswa harus bisa adaptif dan kreatif dalam mengatur keuangan. Jangan sampai masalah finansial ini menjadi penyebab kuliah kalian tak kunjung selesai.

Oleh karena itu, Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Dr. Moch. Khoirul Anwar berbagi 7 tips yang bisa dilakukan mahasiswa agar bisa lebih hemat mengeluarkan biaya hidup sehari-hari.

Baca juga: Website Resmi 8 Sekolah Kedinasan Favorit Calon PNS, Jangan Sampai Salah Ya

1. Kebutuhan bukan keinginan

Ketua Jurusan Ekonomi Islam itu mengungkapkan salah satu yang menyebabkan mahasiswa boros yaitu tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Keduanya sangat berbeda. Seringkali mahasiswa terjebak mendahulukan hal-hal yang diinginkan ketimbang yang dibutuhkan.

Ketika memiliki budget misalnya yang diutamakan adalah kebutuhan pokok terlebih dahulu. Karena mahasiswa tentunya masih kuliah, selanjutkan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan.

“Keinginan seringkali ada hasrat untuk gaya-gayaan saja ketimbang melihat fungsi utamanya. Keinginan itu tidak ada habisnya. Semakin diikuti, semakin menjadi-jadi,” katanya, dikutip dari laman Unesa, Selasa (24/1/2023).

2. Rencanakan pengeluaran
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1687 seconds (11.210#12.26)