Jalur SPAN-PTKIN Resmi Diluncurkan, Ini Syarat dan Dokumen yang Wajib Dipersiapkan

Selasa, 24 Januari 2023 - 22:50 WIB
loading...
Jalur SPAN-PTKIN Resmi Diluncurkan, Ini Syarat dan Dokumen yang Wajib Dipersiapkan
Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Foto/Dok/UIN
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama ( Kemenag ) melalui Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) resmi meluncurkan jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional atau SPAN PTKIN.

Rektor Universitas Islam Negeri ( UIN ) Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis MA mempersilahkan para siswa peminat untuk mempelajari dan menyiapkan diri di jalur seleksi ini.

Baca juga: Prof Hamid Nasuki Ditetapkan Menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Tasawuf UIN Jakarta

“Kemenag RI melalui panitia nasional penerimaan mahasiswa baru telah resmi membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023 melalui SPAN PTKIN . Calon mahasiswa peminat bisa mempelajari persyaratannya sekaligus mempersiapkan diri,” ujarnya.

Terdapat sejumlah persyaratan yang harus diperhatikan pendaftar jalur SPAN PTKIN. Di antaranya, peserta merupakan siswa kelas XII, baik dari Madrasah Aliyah, Madrasah Aliyah Keagamaan, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Pesantren Mu’adalah, Pendidikan Diniyah Formal, atau Pendidikan Kesetaraan Pondok Salafiyah kelas terakhir pada 2023.

Selanjutnya, pendaftar memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing perguruan tinggi, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan berasal dari sekolah yang memiliki NPSN. Lalu, pendaftar juga memiliki nilai rapor kelas XI/1, Kelas XI/2, dan kelas XII/I yang telah diisikan dalam PDSS.

Baca juga: Beasiswa LPDP 2023 Tahap 1 Akan Dibuka Besok, Catat Jadwal Lengkapnya

Pendaftar jalur seleksi berbasis nilai akademik, siswa dapat memilih dua Perguruan Tinggi yang diminati dan dua Program Studi yang diminati pada masing-masing Perguruan tinggi yang dipilih. Urutan pilihan Perguruan Tinggi dan Program Studi menyatakan prioritas pilihan.

Peminat jalur ini bisa mengakses langsung informasinya di laman resmi jalur seleksi yaitu https://span.ptkin.ac.id. Pada laman ini, peminat bisa mempelajari informasi seleksi seperti persyaratan, tahapan dan jadwal pendaftaran, perguruan tinggi dan program studi yang ditawarkan.

Tahapan seleksi pada jalur SPAN PTKIN sendiri diawali dengan pendaftaran sekolah, madrasah, atau pondok pesantren asal pendaftar sepanjang 17 Januari-13 Februari 2023. Tahapan selanjutnya, pendaftaran siswa sepanjang 16 Februari sampai 4 Maret 2023. Sedang hasil seleksi bakal diumumkan pada 3 April 2023.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3370 seconds (10.101#12.26)