Berikut Dokumen yang Wajib Diunggah untuk Daftar Beasiswa LPDP 2023 Tahap 1

Rabu, 25 Januari 2023 - 09:56 WIB
loading...
Berikut Dokumen yang Wajib Diunggah untuk Daftar Beasiswa LPDP 2023 Tahap 1
Pendaftaran beasiswa LPDP 2023 Tahap 1 resmi dibuka hari ini, Kamis 25 Januari 2023 dengan mengunggah sejumlah dokumen penting. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP ) resmi dibuka mulai hari ini, Rabu (25/1/2023) hingga 25 Februari 2023. Pendaftaran dilakukan online dengan mengunggah sejumlah dokumen penting.

Beasiswa yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pejuang kuliah ini menyediakan program beasiswa magister dan doktor untuk putra-putri terbaik Indonesia dan mendukung program beasiswa lainnya dari Kementerian/Lembaga terkait.

Tahun ini, proses seleksinya dapat dilakukan secara daring atau luring, atau gabungan daring dan luring (hybrid) menyesuaikan kebijakan LPDP. Para peserta pun harus mengupdate informasi resminya secara rutin.

LPDP meminta pada aplikasi pendaftaran, pendaftar harus memilih kota/lokasi seleksi yang disediakan oleh LPDP. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika nantinya Seleksi akan dilakukan secara luring atau hybrid.

Baca juga: Beasiswa LPDP 2023 Tahap 1 Resmi Dibuka, Ini Cara Buat Akun hingga Pendaftarannya

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023

1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran

3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

4. Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis diterbitkan pada tahun 2023 dan sesuai ketentuan LPDP. (informasi detail terkait dokumen dapat dilihat pada booklet atau buku panduan masing-masing program pada laman resmi LPDP).

Pendaftaran beasiswa LPDP 2023 Tahap 1 mewajibkan peserta untuk mengunggah sejumlah dokumen penting. Dikutip dari User Manual Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023, berikut ini informasinya.

Ketentuan Unggah Dokumen

Semua dokumen yang diunggah merupakan hasil scanning dari dokumen asli yang sah dan sesuai dengan data dan informasi yang telah diisikan sebelumnya. Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam mengunggah dokumen:

1. Siapkan semua dokumen yang akan diunggah

2. Dokumen yang diunggah harus berformat PDF dengan ukuran file maksimal 1 MB. TIDAK diperkenankan mengunggah dokumen berformat .ZIP/RAR

3. Khusus untuk ijazah wajib mengisi tambahan nomor dokumen ijazah yang tertera dalam dokumen ijazah yang Anda Unggah. Bagi pendaftar yang menyelesaikan jenjang pendidikan sebelumnya di luar negeri, nomor dokumen ijazah Anda berupa nomor Surat Keputusan yang tertera dalam ijazah hasil penyetaraan.

4. Panjang nama file/dokumen maksimum 90 karakter

Baca juga: Beasiswa LPDP 2023 Tahap 1 Resmi Dibuka, Ini Link Pendaftarannya

Dokumen yang Wajib Diunggah

1. Jenis dokumen yang diunggah harus sesuai dengan program beasiswa yang dipilih, silahkan cek pada Booklet/Website beasiswa LPDP

2. Ijazah Wajib diunggah, namun bagi pendaftar yang belum memiliki ijazah dapat mengunggah surat keterangan lulus (SKL) yang resmi diterbitkan oleh universitas

3. Transkrip nilai Wajib diunggah sebagai bukti informasi IPK

4. Sertifikat bahasa asing yang diunggah adalah sesuai dengan informasi kompetensi bahasa dan Belum kadaluarsa (masih berlaku)

5. Surat usulan mengikuti seleksi beasiswa LPDP 2022 bagi pendaftar yang berprofesi sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI harus bersifat asli dan mengikuti format LPDP yang dapat dilihat pada Booklet Beasiswa LPDP Tahun 2022

6. Surat keterangan bertempat tinggal/domisili, surat keterangan penyandang disabilitas dari puskesmas atau rumah sakit pemerintah, surat usulan bagi pendaftar yang berprofesi CPNS/PNS/TNI/POLRI, dan surat rekomendasi dari tokoh
masyarakat atau akademisi harus dikeluarkan pada tahun 2022

7. Bagi pendaftar yang menyatakan sudah memiliki LoA unconditional dari perguruan tinggi tujuan LPDP pada aplikasi pendaftaran wajib menggunggah dokumen tersebut.

8. Scan KTP dan KK yang diunggah harus bersifat Asli

9. Screenshoot/bukti penerima bantuan sosial Wajib berasal dari website https://cekbansos.kemensos.go.id

10. Setiap kali dokumen berhasil diunggah, maka akan muncul link unduhan/download

11. Esai Komitmen kembali ke Indonesia Wajib diisi oleh pendaftar program beasiswa jenjang Magister maupun Doktor

12. Form Proposal Penelitian hanya untuk pendaftar program beasiswa jenjang Doktor.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2931 seconds (0.1#10.140)