Tingkatkan Kemampuan, KGSB dan APJII Dorong Guru dan Dosen Menulis Karya Buku Antologi

Minggu, 29 Januari 2023 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Dalam rangka pemantapan dan penyusunan buku antologi tersebut, KGSB bersama APJII dan didukung oleh Rumah Guru BK (RGBK) dan WIN Media (Wong Nulis Indonesia) mengadakan pelatihan Kelas Bimbingan Penulisan Buku Antologi dengan tema “Pencegahan dan Penanganan Cyberbullying di Lingkungan Sekolah” pada Sabtu (28/1) melalui platform zoom.

Pemateri di kegiatan Kelas Bimbingan Penulisan ini adalah Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga APJII, Danang Wijayanto, dan Founder penerbit Wong Indonesia Nulis (WIN), Ririn Astutiningrum.

Sebelum memasuki tahap pelatihan kelas bimbingan penyusunan buku, para peserta melalui proses seleksi terlebih dahulu serta wajib mengikuti pelatihan penulisan bersama penulis dan wartawan senior, Titik Kartitiani yang diadakan pada 17 Desember 2022 dan 7 Januari 2023.

Pelatihan penulisan di awal tersebut dimulai dari belajar membuat outline dan menuangkan menjadi tulisan esai populer. Proses pelatihan dan pendampingan memakan waktu satu bulan lebih dan bagi peserta yang lolos berhak mengikuti pelatihan selanjutnya yakni Kelas Bimbingan Penulisan Buku Antologi.

Founder KGSB, Ruth Andriani mengatakan buku antologi praktik baik dari anggota mengenai pencegahan dan penanganan cyberbullying ini, sebagai salah bentuk kepedulian terhadap marak dan tingginya kasus cyberbullying.

“Kami berharap melalui apa yang disampaikan dari pengalaman para guru anggota KGSB di buku antologi ini, dapat memberikan inspirasi kepada para pembaca khususnya di bidang pendidikan untuk aktif mencegah tindakan cyberbullying pada pelajar,” ujar Ruth.

Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga APJII, Danang Wijayanto dalam sambutannya mengatakan bahwa penulisan buku antologi ini merupakan salah satu upaya kami dalam mensosialisasikan penggunaan internet yang bijak kepada masyarakat.

"Melihat kasus cyberbullying yang cukup tinggi di kalangan pelajar kami harap buku antologi ini dapat membantu guru atau pengajar dalam mengatasi kasus cyberbullying,” jelas Danang.

Founder WIN, Ririn Astutiningrum mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang melihat antusiasme dan semangat dari peserta Kelas Bimbingan Penulisan Buku Antologi ini. "Semoga karya tulis peserta dapat bermanfaat untuk masyarakat luas. Karena tugas dalam menangani masalah cyberbullying bukan tugas guru semata, tetapi perlu keterlibatan aktif dari seluruh pemangku kepentingan,” tuturnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)