Calon Mahasiswa Baru, Kenali Jalur Seleksi Mandiri Unpad 2023

Sabtu, 11 Februari 2023 - 11:16 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Ide Unik Mahasiswa IPB, Beton Self-Healing yang Ramah Lingkungan

3. Jalur Sarjana Kelas Internasional

Unpad juga menyediakan International Undergraduate Program (IUP) untuk memberikan pengalaman belajar di luar negeri kepada mahasiswa Indonesia.
IUP adalah kelas khusus bagi mahasiswa Indonesia untuk mengejar gelar sarjana di program sarjana terpilih dengan metode pembelajaran yang dirancang unik dan sesuai dengan standar internasional. Selama beberapa bulan program belajar di luar negeri di mitra universitas luar negeri, kuliah akan diberikan dalam bahasa Inggris.

Program sarjana yang termasuk dalam IUP:
- Akuntansi
- Manajemen
- Ekonomi
- Kedokteran gigi
- Farmasi

IUP-FEB menerima seluruh lulusan sekolah baik dari jurusan IPA maupun IPS. Jumlah program studi yang akan menawarkan kelas internasional kemungkinan akan meningkat. Kuota IUP sekitar 10% – 20% dari total kuota SMUP sarjana.

Baca juga: IPB University dan NUS Singapura Kerja Sama tentang Riset Lingkungan

Sementara itu, Sekretaris Eksekutif Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Bekti Cahyo Hidayanto membahas mengenai mekanisme SNPMB Perguruan Tinggi Negeri 2023.

Pada tahun ini, ada beberapa perubahan yang dilakukan, salah satunya masuknya program Diploma-III, sarjana terapan (Diploma-IV) dan Sarjana diharuskan mengikuti ujian SNPMB sesuai dengan peraturan pemerintah.

Bekti mengingatkan kepada calon mahasiswa baru untuk mendapatkkan informasi resmi seputar SNPMB. Lebih lanjut mengenai SNPMB dapat mengunjungi website https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

“Adik-adik yang nanti akan menunggu pendaftaran SNBP dan juga SNBT dengan melakukan tes sesuai jalur masing-masing. Ikuti semua aturan yang ada, jangan mencari celah,” pesannya.

“Kemudian lihat tanggal, jangan membiasakan mepet-mepet di akhir. Kemudian jangan percaya dengan media-media informasi lain dan cukup informasi yang kami sediakan,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)