Pentingnya Inovasi, 33 Produk Universitas Indonesia Dilisensikan

Rabu, 15 Februari 2023 - 08:00 WIB
loading...
Pentingnya Inovasi, 33 Produk Universitas Indonesia Dilisensikan
Universitas Indonesia (UI) berkomitmen terus melakukan inovasi dalam mengembangkan pendidikan di Tanah Air. Foto/Humas UI.
A A A
DEPOK - Universitas Indonesia (UI) berkomitmen terus melakukan inovasi dalam mengembangkan pendidikan di Tanah Air. Inovasi yang dilakukan UI juga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Hal itu terlihat ketika UI ikut berkontribusi mengatasi pandemi agar bisa cepat bangkit dan beradaptasi ke kehidupan baru.

“Pentingnya dilakukan inovasi adalah agar bisa lebih cepat bangkit dan mengejar ketertinggalan akibat pandemi. Kita harus melakukan inovasi agar tetap maju,” kata Sekretaris Universitas, dr. Agustin Kusumayati, Rabu (15/2/2023).

Dalam kehidupan yang berubah sangat cepat ini, UI menjadikan inovasi sebagai hal yang diperhatikan. Dalam hal perubahan iklim, UI sudah melakukan kontribusi nyata yaitu membuat mobil listrik dengan menggunakan energi terbarukan. Bahkan nantinya UI akan membuat kereta listrik.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah yang Pasti Dibutuhkan Tiap Kementerian, Prospek Kariernya Menjanjikan

Di bidang, ekonomi digital sambung Agustin juga perlu dilakukan inovasi sehingga seluruh masyarakat dapat memanfaatkan kemajuan teknologi. Tak kalah penting adalah inovasi di bidang pendidikan yang dilakukan UI yaitu membuat terobosan sistem pembelajaran menggunakan virtual realty (VR).

“Kemajuan teknologi saat ini sangat maju sehingga banyak memberikan dukungan untuk proses belajar. Dan ini sangat membantu dalam proses pembelajaran tentunya,” ujarnya.

Direktur Inovasi dan Science Techno Park UI, Ahmad Gamal menambahkan, UI terus mengembangkan riset dan inovasi dari sejumlah fakultas yang ada. Hingga kini,UI terus berupaya menghasilkan produk inovasi yang dapat dimanfaatkan masyarakat dan industri.

Produk inovasi yang dihasilkan sangat bervariasi mulai produk alat kesehatan, makanan sehat, produk kecantikan, material maju, aplikasi teknologi informasi, serta produk layanan edukasi.

“Sebagian produk tersebut sudah dimanfaatkan publik melalui beberapa event internasional, seperti Bus Listrik Merah Putih buatan UI dan PT MAB yang digunakan dalam perhelatan G20 di Bali. Bus ini istimewa karena rancang bangun chassis-nya, sistem pendingin (air conditioner) dan sistem penggerak (motor listrik) dirancang dan dikonstruksi di Indonesia,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2091 seconds (0.1#10.140)