Khawatir Salah Pilih Jurusan Kuliah di SNBP 2023? Ini Tips dan Trik dari Rektor Untar

Kamis, 16 Februari 2023 - 13:03 WIB
loading...
Khawatir Salah Pilih Jurusan Kuliah di SNBP 2023? Ini Tips dan Trik dari Rektor Untar
Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP ) resmi dibuka pada pekan ini. Seleksi ini akan memberikan kesempatan pada calon mahasiswa se-Indonesia untuk mendaftar dan diterima di kampus negeri tanpa perlu tes.

Ketua Ikatan Dosen Katolik Indonesia sekaligus Rektor Universitas Tarumanagara Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, mengajak para calon mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan ini. Agustinus juga berpesan agar calon mahasiswa mempertimbangkan matang-matang pilihannya, agar jangan sampai galau pilih jurusan.



"Jadi perlu keseriusan terhadap satu prodi, karena masing-masing punya keunggulan dan masa studi yang kemudian akan ditempuh oleh mahasiswa. Sehingga para mahasiswa yang memilih, (mempertimbangkan) cita-citanya apa, keinginan ke depan apa," kata Agustinus dalam Webinar Komunitas SEVIMA, Kamis (16/2/2023).

Merujuk yang disampaikan Mendikbudristek Nadiem Makarim, ada fenomena 80 persen lulusan mahasiswa bekerja tidak sesuai dengan program studi yang diambilnya semasa kuliah. "Hal itu sesuatu yang wajar, tinggal bagaimana agar tidak terlalu banyak bergeser," ungkapnya.



Bagi calon mahasiswa masih galau memilih jurusan atau program studi yang ingin diambil, Prof Agustinus memiliki tips bagi calon mahasiswa agar tidak salah jurusan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang masih bingung memilih program studi. Berikut tipsnya:

1. Pilih jurusan sesuai potensi diri

Menurut Prof Agustinus, memilih jurusan yang tepat dapat dimulai dengan memahami potensi diri harus dilihat sejak dini. Bahkan sejak masih menjadi siswa kelas satu di SMA/SMK.

Cara yang bisa dilakukan beragam. Mulai dari berkontemplasi secara mandiri, hingga berdiskusi bersama dengan orang tua, guru, maupun senior.
Sehingga sejak awal, para calon mahasiswa sudah mendapat gambaran memilih jurusan sesuai dengan potensi dan cita-cita yang diimpikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)