Perkuat Riset Inovasi, UT Anggarkan Rp44 Miliar untuk Penelitian

Senin, 20 Februari 2023 - 13:15 WIB
loading...
Perkuat Riset Inovasi, UT Anggarkan Rp44 Miliar untuk Penelitian
Rektor UT Prof Ojat Darojat pada penyerahan Surat Perjanjian Kontrak Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UT 2023. Foto/YouTube UT.
A A A
JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) menganggarkan Rp44 miliar untuk dana penelitian di 2023. Dosen pun didorong untuk melakukan penelitian sehingga tercipta banyak inovasi dari perguruan tinggi yang bermanfaat untuk masyarakat.

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, untuk tahun lalu anggaran penelitian yang terserap di UT sebesar Rp37,3 miliar. Kemudian pada tahun ini pihaknya mengalokasikan Rp44 miliar anggaran penelitian.

Hal ini dia sampaikan pada Penyerahan Penyerahan Surat Perjanjian Kontrak Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Terbuka (UT) Tahun Anggaran 2023 yang digelar hibrida.

Dia menuturkan, anggaran penelitian memang sudah diwajibkan diadakan oleh perguruan tinggi. UT, katanya, sesuai dengan arahan Kemendikburistek itu harus mengalokasikan anggaran 15 persen dari total Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) UT.

Baca juga: Rekomendasi 7 Jurusan IPS yang Cocok untuk Wanita, Gajinya Tinggi

Ojat menjelaskan, UT sangat mendukung terwujudnya Tridarma Perguruan Tinggi. Tidak hanya pada pembelajaran, namun juga terkait riset dan inovasi, serta pengabdian kepada masyarakat.

"Kegiatan ini sangat penting karena terkait langsung dengan jati diri UT sebagai lembaga pendidikan tinggi. Maka untuk semakin meningkatkan kemampuan penelitian pegawai UT tahun ini kita anggarkan Rp44 miliar (anggaran penelitian)," katanya, Senin (20/2/2023).

Ojat menerangkan, para dosen dan tenaga pendidik di UT pun didorong untuk melakukan penelitian baik penelitian kelembagaan dan penelitian bidang ilmu. Hal ini baik agar semua yang terkait dengan program pendidikan ke masyarakat semakin berkualitas bagus.

Dia menyampaikan, untuk para dosen yang jurnal ilmiahnya masuk publikasi internasional Q1 akan diberikan apresiasi berupa uang senilai Rp30 juta. Selain itu bagi yang sedang melakukan penelitian, juga tidak akan dibebani terlalu tinggi porsi mengajarnya.

Sementara itu, untuk memperkuat kolaborasi riset dan penelitian, pihaknya saat ini melakukan kolaborasi penelitian dengan OU5 (gabungan peneliti dari lima Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh/PTTJJ anggota Asian Association of Open Universities/AAOU).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)