Cerita Hanif, Wisudawan UMM Sudah Miliki Bisnis Beromzet Ratusan Juta

Kamis, 23 Februari 2023 - 17:42 WIB
loading...
Cerita Hanif, Wisudawan...
Hanif Arfan Himawan, Wisudawan FH-UMM ini telah memiliki bisnis jual beli laptop yang dirintis sejak 2016, dengan omset lebih dari Rp700 juta per bulan. Foto/Dok/UMM
A A A
JAKARTA - Jurusan saat kuliah tidak membatasi Hanif Arfan Himawan untuk mengembangkan potensinya. Wisudawan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini kini telah memiliki bisnis jual beli laptop yang dirintis sejak 2016 lalu.

Saat itu, ia masih belajar dan menimba ilmu di UMM . Menariknya, omzet yang diperolehnya cukup tinggi yakni di angka lebih dari Rp700 juta tiap bulannya.



Hanif, begitu ia kerap disapa, menceritakan, saat awal menjalankan usaha ia ditemani oleh beberapa teman yang membantunya. Mereka juga memiliki usaha masing-masing, ada yang terjun di dunia otomotif, adapula yang di bidang kuliner. Ia juga bergabung dalam organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

“Di sana, saya bertemu banyak pelaku bisnis, mulai dari yang baru membuka usaha hingga mereka yang sudah ahli dalam hal jual beli. Dari situ, saya juga banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman mengenai bagaimana mengembangkan sebuah bisnis. Utamanya di bidang elektronik laptop,” katanya.

Bisnisnya juga tidak tiba-tiba menjadi besar. Banyak proses yang harus dilalui. Salah satunya saat menggunakan hasil penjualan laptop ayahnya untuk modal. Beruntung, ayahnya sangat suportif sehingga keuntungan penjualan laptop itu bisa ia gunakan sebagai modal awal, yakni sebesar Rp3 juta.



Kemudian ia mulai mencari laptop-laptop bekas dan layak yang bisa ia jual kembali dan mendapat keuntungan. “Apalagi waktu itu saya lihat pasar laptop sangat luas dengan banyaknya kampus dan mahasiswa di Malang. Hal itu semakin mendorong saya untuk terus mengembangkan jual beli laptop ini. Ditambah lagi pada 2016, hanya ada sedikti toko yang fokus berjualan melalui media daring dan market place. Jadi, saya pikir ini peluang yang besar bagi saya,” tegas Hanif.

Setelah berjalan selama lebih dari 7 tahun, kini ia sudah memiliki 4 karyawan. Penjualannya juga tidak hanya di sekitar Malang saja, tapi juga menyasar pasar di luar Jawa Timur, seperti Jawa tengah, Sulawesi, Maluku, Sumatera hingga Papua. Bahkan ia juga pernah mengirim barang ke luar negeri seperti Selangor, Malaysia.

Meski ia bergelut di dunia yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah, tapi Hanif masih menggunakan ilmu yang pernah ia dapat. Misalnya saja terkait pasal penadahan yang membuatnya berhati-hati dalam menjalankan bisnisnya.

“Tentu saja saya memperhatikan aspek hukum dalam menjalankan usaha laptop saya ini. Banyak ilmu dari FH UMM yang masih saya ingat dan gunakan sampai saat ini,” tegasnya.

Hanif juga merasa bersyukur karena di UMM para mahasiswa didorong untuk mengembangkan potensinya. Sekalipun di luar bidang yang sedang dipelajari. Bahkan Kampus Putih juga menyediakan kelas kewirausahaan bagi mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship.

“Lewat bisnis saya ini, saya juga ingin memotivasi para mahasiswa dan anak muda lain untuk memaksimalkan potensi dan peluang. Semua hal itu berawal dari diri sendiri, kalau kita percaya kalau kita bisa, maka kesempatan dan peluang akan terus bermunculan. Saat itulah kita harus memanfaatkannya dengan baik,” pungkasnya.
(mpw)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)