Doktor FTUI Kembangkan Biomaterial Berbasis Logam untuk Pengobatan Medis

Selasa, 28 Februari 2023 - 17:23 WIB
loading...
Doktor FTUI Kembangkan Biomaterial Berbasis Logam untuk Pengobatan Medis
Mahasiswa program doktor, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) Muhammad Awwaludin. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Aplikasi biomaterial berperan penting dalam pengobatan medis dan telah banyak digunakan sebagai pengganti gigi, tulang, stent, dan anggota tubuh lainnya.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) memperkirakan, penggunaan material biomaterial sebagai pengganti tulang pangkal paha akan mencapai 272.000 buah pada tahun 2030.



Di Indonesia, 90% kebutuhan tersebut masih diimport dari luar negeri, sehingga perlu dikembangkan biomaterial berbasis logam di dalam negeri.

Adanya kebutuhan tersebut mendorong mahasiswa program doktor, program studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia ( FTUI ) Muhammad Awwaludin melakukan riset yang menjabarkan panduan biomaterial untuk pengembangan bone plate implan tulang.

Penelitian ini dituliskan dalam disertasinya yang berjudul “Pengembangan Material Bone Plate Implan Tulang Berbasis Biotolerant zr Based Alloy Dan Uji Sifat Mekanik Beban Statik Dan Fatigue Biaksial”.



Ia menyampaikan, dalam satu dekade terakhir, biomaterial berbasis logam untuk pengganti jaringan keras biomedis dan biologis telah diteliti dan dikembangkan.

Bahan logam memiliki sifat biomekanik yang baik dan cocok untuk sterilisasi proses dalam industri biomaterial karena mereka memiliki sifat mekanik dan korosi yang sangat baik.

Paduan yang banyak diteliti dan dikembangkan sebagai biomaterial berbasis logam adalah yang berbasis titanium, ferro, cobalt, magnesium dan zirconium, dikarenakan paduan tersebut termasuk dalam bio-inert.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)