Permudah Lulusan Cari Kerja, Kolaborasi Perguruan Tinggi dan DUDI Perlu Diperkuat

Jum'at, 03 Maret 2023 - 16:06 WIB
loading...
Permudah Lulusan Cari Kerja, Kolaborasi Perguruan Tinggi dan DUDI Perlu Diperkuat
Industry Gathering Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) bersama Indonesia Career Center Network. Foto/Ukrida.
A A A
JAKARTA - Kolaborasi perguruan tinggi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri ( DUDI ) perlu ditingkatkan. Sehingga lulusan perguruan tinggi bisa siap pakai ketika terjun di berbagai perusahaan.

Indonesia Career Center Connects Network (ICCN) sebagai asosiasi pusat karier perguruan tinggi, memiliki peran dalam mendampingi para pengelola pusat karier perguruan tinggi untuk mendukung persiapan dan penyaluran lulusan masuk ke dunia usaha dan dunia industri.

Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) bersama ICCN DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten (ICCN DJB) pun mengadakan industry gathering untuk pertama kalinya. Acara ini digelar di Junction Kampus I Ukrida, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Wakil Rektor III Ukrida Bidang Mahasiswa, Alumni, dan Kewirausahaan Denni Boy Saragih mengatakan, pihaknya merasakan berbagai manfaat dan hal positif dari organisasi yang menaungi dan mendampingi pusat karier berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini.

Baca juga: Hasil Riset Guru Besar Unair Temukan Senyawa Tanaman untuk Obat Anti Kanker

“Kami berharap pertemuan ini dapat menjadi pintu gerbang bagi berbagai bentuk kolaborasi dan kerja sama lainnya. Baik antara perguruan tinggi dengan ICCN, antara perguruan tinggi dengan dunia industri, antara sesama dunia industri, juga antara sesama perguruan tinggi,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (3/3/2023).

Selain itu, dia menambahkan, kebutuhan dunia usaha dan dunia industri perlu diselaraskan dengan kompetensi lulusan perguruan tinggi. Menurutnya, disinilah salah satu peran perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Presiden ICCN Teddy Indira Budiwan mengapresiasi terselenggaranya gathering ICCN Connects 2023 ini. Dia juga berharap gathering ini dapat diadakan secara berkesinambungan, sehingga dapat memperluas jaringan antara perguruan tinggi dengan perusahaan mitra industri.

ICCN menggelar ICCN Connect 2023 dengan tujuan perguruan tinggi dan mitra dunia industri dapat saling berbagi peluang dalam mempersiapkan mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja, gambaran jenjang karier, maupun perekrutan karyawan baru berdasarkan profil lulusan tiap universitas.

Baca juga: Apa Perbedaan Jurusan Geomatika dan Geofisika? Begini Penjelasannya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2609 seconds (0.1#10.140)