Rekomendasi 6 Jurusan Teknik ITS, No 5 Waktu Tunggu Kerja Hanya 2 Bulan dan Gaji Hingga Puluhan Juta

Sabtu, 04 Maret 2023 - 11:59 WIB
loading...
Rekomendasi 6 Jurusan Teknik ITS, No 5 Waktu Tunggu Kerja Hanya 2 Bulan dan Gaji Hingga Puluhan Juta
Berikut ini ada 6 jurusan teknik di ITS dengan waktu tunggu kerja hitungan bulan dan gaji hingga puluhan juta. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) memiliki Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem dengan 6 program studi. 6 jurusan kuliah ini siap mencetak lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri yang berkembang saat ini.

ITS merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) di Indonesia yang pada pemeringkatan Times Higher Education World University Ranking (THE WUR 2023) menempati peringkat 1.201-1.500 dunia.

Kampus yang berpusat di Surabaya ini juga memiliki sejumlah fakultas yang bisa dimasuki calon mahasiswa baru. Baik melalui jalur nasional ataupun seleksi mandiri yang dilakukan oleh ITS.

Salah satu fakultas yang tersedia adalah Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem yang memiliki 6 jurusan yaitu Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Pangan, Teknik Sistem dan Industri, dan Teknik Material.

Keenam jurusan ini bisa menjadi rekomendasi calon mahasiswa baru untuk memilih jurusan kuliah. Jurusan-jurusan ini juga memiliki prospek kerja luas di berbagai bidang. Untuk gaji, pada jurusan Teknik Material bahkan lulusannya ada yang digaji hingga Rp32 juta.

Dikutip dari Instagram ITS, berikut ini informasi daya tampung, ruang lingkup bidang pekerjaan, dan kisaran gaji di enam jurusan Fakultas Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem.

Baca juga: Ini Alasan UB Beri Gelar Doktor Honoris Causa untuk Menteri BUMN Erick Thohir

Tersedia juga daya tampungnya yang bisa dipilih mahasiswa baru di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Seleksi Kemitraan Mandiri, dan Prestasi (SKMP), dan International Undergraduate Program (IUP).

1. Departemen Teknik Mesin ITS


Bidang Teknik Mesin beroperasi di batas pengetahuan tentang sains dan engineering, mengeksplorasi berbagai penerapan ilmu mulai dari konversi energi, desain, manufaktur, hingga metalurgi.

Teknik Mesin mempelajari prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin.

Daya Tampung

- SNBP: 48
- SNBT: 72
- SKMP: 120
- IUP: 30

Rerata Waktu Tunggu Kerja: 2,79 bulan

Lingkup Bidang Pekerjaan: Otomotif, ruang angkasa, bioteknologi, komputer, elektronik, sistem mikroelektromekanis, konversi energi, robotik dan otomasi, dan manufaktur

Rerata Rentang Gaji: Rp5,10-Rp 12 juta

2. Teknik Kimia


Teknik Kimia merupakan kreator dari berbagai komponen kecil di kehidupan sehari-hari. Teknik Kimia merupakan ilmu untuk merancang dan mengoperasikan suatu pabrik, peralatan dan proses untuk mengubah bahan baku mentah menjadi bahan baku yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Daya Tampung

- SNBP: 40
- SNBT: 60
- SKMP: 100
- IUP: 30

Rerata Tunggu Kerja: 3.04 bulan

Lingkup Bidang Pekerjaan: Process Engineer di industri minyak dan gas, manufaktur, jasa, tekstil, industri kimia, perbankan, konsultan teknik, dan marketing

Rerata Rentang Gaji: Rp4,20-Rp12,60 juta

3. Teknik Fisika


Jurusan ini merupakan pendidikan keteknikan yang memadukan konsep-konsep keteknikan dengan penguasaan ilmu Fisika dan Matematika yang kuat untuk menghasilkan aplikasi kreatif dan inovatif. Mahasiswanya juga akan dibekali dengan kemampuan riset dan pengembangan, perancangan, dan analisa untuk berbagai sistem fisis di industri.

Daya Tampung

- SNBP: 40
- SNBT: 60
- SKMP: 100
- IUP: 30

Rerata Waktu Tunggu Kerja: 3,09 bulan

Lingkup Bidang Pekerjaan: Lulusannya bisa bekerja di instansi pemerintah maupun swasta, seperti di pertambangan, pendidikan, BPPT, LIPI, PT PAL, BBI, Caltex, Arco, Unilever, PT Badak, PT Telkom, PT Pupuk Kaltim, Maspion, Pertamina, dan lainnya.

Rerata Rentang Gaji: Rp4,00-Rp15 juta

4. Teknik Industri


Teknik Industri mengggabungkan ilmu keteknikan dan ilmu sosial atau manajemen. Mahasiswa akan mempelajari cara merancang, mengelola, dan menerapkan semua elemen industri, seperti manusia, mesin, metode, material, dan lingkungan menjadi sistem yang terkait fungsi pabrik, manusia, material, peralatan, dan energi.

Baca juga: Registrasi Akun SNPMB Diperpanjang Hingga 17 Maret 2023
Daya Tampung

- SNBP: 40
- SNBT: 60
- SKMP: 100
- IUP: 30

Rerata Waktu Tunggu Kerja: 2,23 bulan

Lingkup Bidang Pekerjaan: Lulusannya bisa berperan di industri seperti divisi spesialisasi teknik industri, produksi, engineering, perencanaan biaya bahkan divisi HRD

Rerata Rentang Gaji: Rp4,20-Rp16 juta

5. Teknik Material


Material dan metalurgi merupakan bidang ilmu paling multidisipliner dan dinamis di bidang teknik. Engineer di bidang material menggali ilmu dan pemahaman tentang hubungan fundamental antara struktur, proses, dan performa material untuk membuat material sintesis dan mengembangkan material baru.

Daya Tampung

- SNBP: 40
- SNBT: 60
- SKMP: 100
- IUP: 30

Rerata Waktu Tunggu Kerja: 2,55 bulan

Lingkup Bidang Pekerjaan: Alumninya dapat bekerja di industri pertambangan, industri ekstraksi dan peleburan logam, manufaktur, minyak dan gas, hingga lembaga penelitian, akademisi, dan pemerintahan.

Rerata Rentang Gaji: Rp5,47-Rp32 juta

6. Teknik Pangan


Industri pangan menjadi salah satu andalan dalam industri nasional. Mahasiswa akan belajar pengembangan dan diversifikasi produk pangan baru, pengembangan proses produksi pangan baru, hingga desain dan instalasi proses produk bahan pangan.

Selain itu mahasiswanya juga akan mempelajari pengembangan produk pangan baru pada bidang pertanian, nutrisi dan kesehatan, hingga keuagan dan ekonomi berkelanjutan berbasis ketahanan pangan nasional.

Daya Tampung

- SNBP: 8
- SNBT: 12
- SKMP: 20

Lingkup Bidang Pekerjaan: Alumni Teknik Pangan dapat bekerja di berbagai industri makanan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)