Dukungan Industri ke Pendidikan Vokasi Terus Meningkat

Rabu, 08 Maret 2023 - 13:04 WIB
loading...
Dukungan Industri ke Pendidikan Vokasi Terus Meningkat
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim saat melihat pameran di acara Unite for Education (UFE) Sustainability Forum ke-12 di Jakarta. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek mengeluarkan sejumlah program untuk menghubungkan pendidikan vokasi dengan dunia industri. Kebijakan inipun mendapat reaksi positif dari dunia industri.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, melalui program Merdeka Belajar pihaknya terus mendorong penguatan kelembagaan satuan pendidikan vokasi.

Dua program unggulan yang khusus disiapkan untuk transformasi pendidikan vokasi, yakni SMK Pusat Keunggulan dan Kampus Merdeka Vokasi.

Baca juga: Rekomendasi 7 Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan Kementerian Perindustrian

Berbagai terobosan Merdeka Belajar pada pendidikan vokasi ini dinilai telah berhasil menjembatani lulusan pendidikan vokasi dengan kebutuhan dunia industri.

Berbagai bentuk kolaborasi antara pendidikan vokasi dengan dunia industri juga terus terwujud dan semakin erat dari waktu ke waktu.

Hal tersebut setidaknya dapat dilihat dari terus meningkatnya partisipasi industri terhadap program-program vokasi yang diluncurkan kementerian dari tahun ke tahun.

Dukungan dari industri bagi SMK maupun perguruan tinggi vokasi diberikan dalam skema pemadanan yang jumlahnya terus meningkat.

“Dari survei yang kami lakukan kepada 708 industri mitra pendidikan vokasi, tingkat kepuasan mitra industri pada pendidikan vokasi saat ini mencapai skor 3,46 dari skala 4,” katanya.

Hal ini disampaikan Nadiem saat membuka Unite for Education (UFE) Sustainability Forum ke-12 “The Future of Vocational Education and Inclusivity” di Jakarta, Selasa (7/3/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2480 seconds (0.1#10.140)