Kurikulum Berkualitas Tingkatkan Kemampuan Kerja Lulusan

Rabu, 08 Maret 2023 - 15:52 WIB
loading...
Kurikulum Berkualitas Tingkatkan Kemampuan Kerja Lulusan
Workshop membahas kurikulum dan kemampuan kerja lulusan yang digelar Macquarie University dan MNC University. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - MNC University terus berupaya menjadi perguruan tinggi berkelas dunia ( World Class University ). Belajar dari universitas lain, seperti dari Macquarie University menjadi langkah penting untuk mewujudkannya.

Pada 7 dan 8 Maret 2023, Macquarie University melakukan kunjungan ke-3 ke MNC. Pada kesempatan ini, Macquarie University dan MNC University menggelar workshop membahas kurikulum dan kemampuan kerja lulusan, yang merupakan kegiatan lanjutan dari sesi benchmarking tahun sebelumnya.

Macquarie University merupakan salah satu kampus di Australia yang terkenal akan kualitas pendidikan dan penelitiannya. Dengan statusnya yang telah mendunia ini, merupakan keputusan tepat untuk memperoleh saran dan masukan akademik dari Macquarie University.

Selain dengan MNC University, kerjasama Macquarie University juga dilakukan dengan MNC Group yang merupakan perusahaan media terkemuka, induk dari MNC University.

Kurikulum merupakan salah satu aspek penting bagi perguruan tinggi untuk terus bertumbuh secara akademik. Terlebih, MNC University memiliki dedikasi tinggi guna menghasilkan lulusan yang dibekali dengan ilmu terbaru, yang mampu mengantar lulusan untuk memasuki dunia industri.

Baca juga: MNC University Hadir di 3rd Jabar-Banten Campus Update 2023

Oleh karena itu, selain kurikulum, kemampuan kerja lulusan juga dipilih sebagai topik diskusi. “Meningkatkan ekonomi nasional dengan menelurkan tenaga kerja berkualitas menjadi tujuan utama kami. Dengan kerja sama ini, saya percaya bahwa kami dapat mencapai target ini lebih cepat,” ujar Mariati Tirta Wiyata, Rektor MNC University, dalam keterangan resmi, Rabu (8/3/2023).

Kerja sama antara Macquarie University, MNC Group, dan MNC University berdampak positif bagi mahasiswa dan lulusan dari sisi akademik maupun profesional, mempersiapkan mereka membangun masyarakat dengan kualitas akademis yang unggul serta tenaga kerja masa depan yang kuat.

Benchmarking di hari pertama membahas empat area studi yang dinilai penting, yaitu Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris, serta Desain Komunikasi Visual.

Keempat bidang ini dipilih dengan pertimbangan akademik maupun profesional, dengan masing-masing bidang studi merepresentasikan area media (Desain Komunikasi Visual), bisnis (Manajemen dan Akuntansi), dan pedagogi (Pendidikan Bahasa Inggris).

Baca juga: BuddyKu Goes to Campus IULI, Future Job and Creator Economy in Digital Era!

“Kurikulum yang berkualitas menjadi bagian paling penting dalam pengalaman belajar. Kami bersemangat untuk berbagi pengalaman, ide pengembangan dan penyampaian kurikulum yang akan meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa, baik di Macquarie University maupun MNC University,” terang Pro Vice-Chancellor Programs and Pathways Macquarie University Profesor Taryn Jones.

Di hari kedua, diskusi mengenai permintaan tenaga kerja di MNC Group, sekarang dan masa depan, digelar untuk melihat hard skills yang dapat diintegrasikan ke silabus. Hal Ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa keterampilan praktis yang dapat diterapkan serta menyiapkan mereka berkontribusi pada dunia kerja.

Profesor Rorden Wilkinson, Deputy Vice-Chancellor Academic Macquarie University berkata, “Kita melihat bagaimana kemampuan kerja memberikan perubahan masa depan mahasiswa, bekerja sama dengan institusi global memberikan mahasiswa lebih banyak kesempatan. Peran kita adalah membantu mereka berkembang. Membangun program dan menyatukan peluang melalui kemitraan ini merupakan langkah penting,” tandasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)