Perkuat Ekosistem Lagu Anak Indonesia, Kemendikbudristek Gelar KILA ke-4

Kamis, 09 Maret 2023 - 16:35 WIB
loading...
Perkuat Ekosistem Lagu Anak Indonesia, Kemendikbudristek Gelar KILA ke-4
Kemendikbudristek kembali menggelar KILA ke-4 di 2023 ini untuk perkuat ekosistem lagu anak di Indonesia. Foto/YouTube Budaya Saya.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek melalui Ditjen Kebudayaan serta Direktorat Perfilman, Musik , dan Media kembali mempersembahkan Kita Cinta Lagu Anak Indonesia (KILA) yang ke-4. Program ini menjadi penguatan dan pengembangan ekosistem lagu anak di Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim mengatakan, Dalam semangat Merdeka Belajar, musik bisa menjadi salah satu sarana belajar-mengajar yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik.

“Pada momentum Hari Musik Nasional ini, saya mengajak para pendidik dan orang tua agar tidak ragu mengenalkan karya positif yang dihasilkan oleh insan musik Tanah Air sebagai inspirasi pembelajaran, demi lahirnya peserta didik dengan profil Pelajar Pancasila,” katanya, melalui siaran pers, Kamis (9/3/2023).

Sementara Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menjelaskan, Bila keterlibatan masyarakat dalam memastikan terjadinya ekosistem lagu anak Indonesia akan menentukan perkembangan anak.

“Dan bila kepedulian masyarakat tidak hanya sampai batas kepedulian, maka akan terjadi gerakan kepedulian akan kualitas pemimpin Indonesia masa depan,” ungkap Hilmar.

Baca juga: Hari Musik Nasional 2023, Nadiem Imbau Penguatan Ekosistem Musik Indonesia

Dia menjelaskan. Kemendikbudristek selalu mendukung dan memfasilitasi kebebasan berekspresi dalam memperkuat tatanan dan ekosistem musik. Hal ini sejalan dengan program KILA yang selalu menghasilkan karya-karya lagu anak dari para pemenang lomba cipta lagu yang membawa misi pendidikan dalam rangka menguatkan dan mengembangkan ekosistem lagu anak Indonesia.

Sebagai contoh dapat dilihat pada tema KILA 2022 yang lalu. Saat itu, para pencipta lagu ditantang untuk menghasilkan karya lagu anak yang membawa pesan anti perundungan dan intoleransi.

Sampai dengan kali ke-4 di 2023 ini, KILA berhasil membuat dan memperluas jaringan serta data base besar para pencipta dan pemerhati lagu anak dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain dari jumlah pencipta lagu anak yang bertambah dengan nama baru setiap tahunnya, juga menambah jumlah koleksi lagu anak yang berhasil dihasilkan dari setiap kegiatan KILA yang diselenggarakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)