Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Banyak Bekerja di Bank BRI

Kamis, 09 Maret 2023 - 19:33 WIB
loading...
Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Banyak Bekerja di Bank BRI
Gedung Bank BRI. Foto/Dok/Humas BRI
A A A
JAKARTA - Bank Rakyat Indonesia ( BRI ) merupakan salah satu bank milik pemerintah, perusahaan di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pihak BRI membuka kesempatan bagi para generasi muda dari berbagai jurusan untuk bisa bergabung dan bekerja di BRI. Berikut jurusan kuliah yang lulusannya banyak bekerja di Bank BRI.

1. Hukum

Lulusan hukum diperlukan oleh Bank BRI dan bisa melamar pada program BFLP atau BRILiaN Future Leader Program. Alumni jurusan hukum akan menempati posisi general staf.



Hal ini menunjukkan bahwa prospek kerja lulusan ilmu hukum sangat luas dan memberikan peluang beragam pula.

Lulusan hukum memiliki keahlian, seperti mampu menyusun dan menerapkan keputusan hukum, memiliki kemampuan analisis tajam, baik bekerja secara tim, dan masih banyak kemampuan lainnya.

2. Ekonomi

Sarjana ekonomi sudah pasti dibutuhkan untuk bekerja di bank, tak terkecuali di BRI. Sama seperti jurusan hukum, alumni ekonomi bisa menempati posisi general staf.



Jurusan ekonomi sendiri diketahui mempunyai beberapa fokus, seperti ekonomi syariah dan ekonomi pembangunan. Seluruhnya hadir dengan prospek kerja mumpuni dan ramai menjadi bidikan masyarakat.

3. Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi merupakan jurusan kuliah yang paling banyak memiliki prospek kerja. Selain bisa sebagai jurnalis, lulusan ilmu komunikasi juga bisa bekerja sebagai humas di perusahaan pemerintahan dan swasta, serta bank, termasuk BRI.

Program BLFP membutuhkan para lulusan ilmu komunikasi dengan IPK minimal 3.00. Melansir laman UMN (Universitas Multimedia Nusantara), ada 5 keahlian penting yang dimiliki lulusan ilmu komunikasi di era modern ini, contohnya adalah marketing, public speaking, riset, jurnalistik, dan manajemen.

4. Administrasi Negara

Posisi general staf BRI juga membutuhkan lulusan administrasi negara. Kampus-kampus di Tanah Air yang terkenal dengan jurusan ini adalah Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Jenderal Soedirman, dan Universitas Negeri Surabaya.

Lulusan jurusan administrasi negara tentu memiliki kompetensi dalam bidang manajemen organisasi publik, manajemen kerja, sistem pemerintahan daerah, hingga akuntansi pada sektor publik.

5. Psikologi

BRI melalui program BFLP membuka kesempatan bagi para lulusan psikologi untuk bisa berkarier di salah satu perusahaan BUMN itu. Selain bekerja di bidang perbankan, sarjana psikologi juga bisa menjadi konselor, asisten psikolog, pengajar, asisten peneliti, wirausaha, dan tenaga ahli di kantor pemerintahan atau perusahaan swasta.

Selain 5 jurusan tersebut, bank BRI juga memberikan kesempatan bagi sarjana dari jurusan kuliah lainnya, yakni:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)