Inilah 4 Jurusan Kuliah Para CEO Start Up dan Bisnis Besar Dunia

Jum'at, 10 Maret 2023 - 09:58 WIB
loading...
Inilah 4 Jurusan Kuliah Para CEO Start Up dan Bisnis Besar Dunia
Jurusan Teknik Informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa jurusan kuliah yang dapat membawa seseorang menjadi CEO start up dan bisnis besar di dunia. Tak hanya itu, ada pula tokoh yang sukses di bidang yang berbeda dengan jurusannya saat kuliah. Berikut jurusan kuliah CEO start up dan bisnis.

1. Fisika

Jurusan fisika dapat memberi kesempatan untuk menjadi seorang CEO (chief executive officer). Ada nama Elon Musk, pendiri Tesla dan SpaceX yang merupakan lulusan jurusan fisika. Dengan ilmu fisika yang dimilikinya, Elon Musk mendirikan SpaceX.

Diketahui, SpaceX adalah perusahaan penerbangan luar angkasa yang dimilikinya. Selain Elon Musk, ada juga Akio Morita yang merupakan lulusan fisika di Osaka Imperial University. Akio Morita adalah pengusaha asal Jepang yang mendirikan Sony.

2. Teknik

Jurusan teknik juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak mencetak CEO. Sebut saja CEO Microsoft Satya Nadella. Nadella memperoleh gelar sarjana teknik dari Mangalore University.

CEO Apple Tim Cook juga mendapat gelar sarjana di bidang teknik dari Auburn University. Ada juga CEO ExxonMobil periode 2006-2016, yakni Rex W Tillerson. Diketahui, Tillerson memegang gelar sarjana teknik dari University of Texas di Austin.

3. Hukum

Tidak selalu menjadi seorang pengacara, lulusan jurusan hukum dapat pula menjadi seorang CEO. Min Liang Tan, misalnya. Min Liang Tan merupakan CEO Razer, sebuah perusahan game.

Diketahui, ia merupakan lulusan dari National University of Singapore Law School. Sebelum menjadi seorang CEO, Min Liang Tan adalah seorang pengacara. Selain itu, ada juga Sumner M Redstone, CEO CBS dan Viacom. Ia menyelesaikan pendidikannya dari Harvard Law School.

4. Ilmu Komputer

Sejumlah CEO di dunia merupakan alumni jurusan ilmu komputer Mereka antara lain Larry Edward Page atau lebih dikenal Larry Page. Ia merupakan CEO Google dari 1998-2001, yang kemudian menjadi CEO Alphabet pada 2015-2019.

Diketahui, Larry Page meraih gelar S2 di bidang ilmu komputer dari Stanford University. Begitu juga dengan Sergey Brin yang juga salah satu pendiri Google dan rekan Larry Page.

Brin menyelesaikan pendidikan S1 di University of Maryland dengan jurusan ilmu komputer dan matematika.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)