Mahasiswa, Ini 10 Keunggulan Belajar di Luar Negeri

Sabtu, 11 Maret 2023 - 19:44 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini 10 Keunggulan Belajar di Luar Negeri
Berikut ini 10 keunggulan belajar di luar negeri. Gaji tinggi dan kesempatan berkarier lebih luas salah satunya. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Pendidikan merupakan kunci untuk menghasilkan generasi yang berkualitas. Banyak siswa di Indonesia yang bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, terutama untuk jenjang Diploma, S1 , dan S2.

Ada banyak alasan kenapa mendapatkan gelar sarjana di luar negeri menjadi nilai tambah, dikutip dari siaran pers USG Education, berikut ini 10 alasan di antaranya:

1. Menambah Wawasan (See the World)

Belajar di luar negeri menjadikan siswa semakin bertambah pengetahuan karena akses ke dunia global makin terbuka. Kuliah di luar negeri adalah pengalaman hidup yang berharga yang dapat memberikan banyak pelajaran dan pengalaman yang tidak akan ditemukan di negara asal.

2. Penguasaan Bahasa (Improve Your Language Skills)


Tidak ada cara yang lebih baik dan efektif untuk belajar bahasa selain berada dalam budaya negara itu sendiri. Mahasiswa yang kuliah di luar negeri akan terbiasa dengan penggunaan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari, sehingga secara otomatis kemampuan bahasa juga berkembang dengan cepat.

3. Pola Pikir Global (Achieve Global Mindset)


Dengan berada di luar negeri, siswa mendapatkan banyak kesempatan untuk melakukan eksplorasi budaya dan lingkungan, menjelajah berbagai tempat dapat membuka cakrawala dan wawasan lebih luas lagi, meningkatkan kemampuan interaksi, adaptasi, sosialiasi dan pola pikir dalam dunia global.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Ini Sering Dianggap Sulit Cari Kerja, Padahal Tidak Sepenuhnya Benar

4. Komunitas Global (Global Community)


Kuliah di luar negeri juga memberikan kesempatan untuk menjalin koneksi internasional dengan mahasiswa dari berbagai negara, dalam jangka panjang bisa menunjang karier atau bisnis yang akan dilakukan di kemudian hari.

5. Percaya Diri (Increase Your Confidence)


Kuliah di luar negeri akan memperkenalkan mahasiswa pada lingkungan baru dan berbeda dari yang biasa mereka alami. Dengan berada dalam lingkungan dan budaya yang baru membuat siswa menemukan kekuatan dan kemampuan baru untuk mengatasi tantangan dan masalah yang ada.

Ini membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Menjadikan siswa lebih percaya diri setidaknya dari sisi komunikasi dan pergaulan yang kelak akan menjadi modal penting memasuki dunia kerja.

6. Tingkatkan Kreativitas (Increase Your Creativity)


Belajar di luar negeri menjadikan siswa semakin kreatif dan memiliki berbagai ide cemerlang. Pengalaman di luar negeri seringkali menantang siswa untuk keluar dari rutinitas akademis, keluar dari kegiatan monoton rutin perkuliahan.

Baca juga: Ini 4 Tips Sukses Lulus Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan IPDN

7.Kesempatan Kerja Lebih Luas (Better Career Opportunities)


Selain menimbulkan prestise tersendiri menempuh pendidikan di negara lain juga memberikan manfaat untuk mendapatkan jalur karier yang berbeda dibanding lulusan dalam negeri.

Banyak perusahaan besar mencari kandidat dengan latar belakang pendidikan internasional untuk menempati posisi teratas dalam perusahaan mereka.

Kemungkinan besar, siswa yang kuliah di luar negeri akan memiliki peluang untuk berkarier di negara tempat mereka belajar atau di negara lain karena keterampilan dan kemampuan yang mereka miliki.

8. Gaji Lebih Tinggi (Higher Salary)


Belajar di luar negeri tidak hanya memiliki kesempatan lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus tetapi juga juga mungkin berakhir dengan gaji awal yang lebih tinggi daripada rekan-rekan yang tidak belajar di luar negeri.

Dengan pengalaman belajar internasional, rata-rata individu menerima gaji awal lebih banyak daripada mereka yang tidak belajar internasional.

9. Meningkatkan Gelar (International Recognized Degree)


Belajar di luar negeri dapat meningkatkan nilai gelar siswa. Menerima gelar dari universitas dengan reputasi yang baik dapat meningkatkan nilai dan kredibilitas seseorang di mata pengusaha dan rekan kerja.

Di luar negeri siswa dapat mengambil program studi yang tidak diajarkan di dalam negeri sehingga siswa memiliki keunggulan lebih di banding mahasiswa – mahasiswa dalam negeri.

10. Perhimpunan Mahasiswa (Make Lifelong Friends)

Belajar di luar negeri membuat siswa tergabung dengan sesama pelajar Indonesia yang berprestasi. Mereka yang studi di luar negeri akan tergabung dengan komunitas persatuan pelajar mahasiswa di luar negeri. Banyak diantara mereka yang merupakan pelajar berprestasi sehingga bisa menjadikan inspirasi

10 alasan diatas menjadikan kuliah di luar negeri menjadi impian dan direncanakan oleh banyak orang, baik para calon siswa maupun para orang tua.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)