Gandeng Indonesia Mengajar, Kuota Penerima Beasiswa Amartha Cendekia Diperbanyak

Rabu, 15 Maret 2023 - 13:47 WIB
loading...
Gandeng Indonesia Mengajar, Kuota Penerima Beasiswa Amartha Cendekia Diperbanyak
Amartha Foundation kembali membuka program Beasiswa Amartha Cendekia yang menargetkan 150 pelajar perempuan. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Amartha Foundation menggandeng Indonesia Mengajar untuk menyalurkan beasiswa dengan memperbanyak kuota pelajar perempuan penerima beasiswa. Beasiswa ini untuk mendukung lulusan sekolah menengah untuk berkuliah .

Amartha Foundation (Yayasan Tanggung Renteng Sejahtera) kembali membuka pendaftaran Beasiswa Amartha Cendekia Gelombang dua dengan kuota yang lebih banyak. Kuota yang disediakan untuk 150 siswi Sekolah Menengah Atas (SMA).

Program beasiswa yang diluncurkan pada April 2022 ini memberikan dana pendidikan dan pendampingan persiapan kelulusan kepada pelajar perempuan kelas 12 baik dari anak mitra Amartha dan pelajar umum.

Program ini dilatari oleh data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 mengenai angka partisipasi kasar perguruan tinggi, bahwa sebanyak 68,81% lulusan sekolah menengah di Indonesia tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Baca juga: Mengenal Beragam Beasiswa UGM untuk Mahasiswa di Semua Jenjang

Chief Risk & Sustainability Officer Amartha Aria Widyanto mengatakan, pihaknya meyakini setiap individu berhak memiliki peluang untuk lebih sejahtera dan menjadi versi terbaik dari dirinya.

Hal ini sangat dipengaruhi salah satunya oleh kualitas pendidikan. "Sayangnya, bagi mereka yang berada di lapisan piramida terbawah, dukungan untuk menempuh pendidikan masih sulit untuk didapatkan," kata Aria, dalam keterangannya, Rabu (15/3/2023).

Oleh sebab itu, pihaknya memberikan akses berupa bantuan pendidikan dan pendampingan belajar sebagai kontribusi dalam menghadirkan kesetaraan di bidang pendidikan. "Agar generasi muda, khususnya anak perempuan di pelosok desa, juga dapat berkesempatan mewujudkan kesejahteraan bagi keluarganya di masa mendatang,” ucapnya.

Beasiswa Amartha Cendekia gelombang pertama telah berlangsung pada 2022. 96.5% pelajar penerima beasiswa memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Baca juga: Beasiswa Talenta Unggul Mahasiswa Baru UMM, Potongan Kuliah hingga Lulus
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)