5 Jurusan Kuliah Banyak Diincar Bank BTN, Rata-rata Lulusan Bidang Ekonomi

Rabu, 15 Maret 2023 - 16:36 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah Banyak Diincar Bank BTN, Rata-rata Lulusan Bidang Ekonomi
Menara Bank BTN. Foto/Dok/Bank BTN
A A A
JAKARTA - Bank BTN merupakan salah satu bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kerap kali menjadi incaran para fresh graduate dari berbagai jurusan kuliah .

Hal itu dikarenakan bank yang satu ini menjanjikan gaji yang bersaing bagi para karyawannya. Baik untuk yang masih baru maupun yang sudah bekerja cukup lama.



Dari sekian banyaknya jurusan yang melamar pekerjaan di Bank BTN , terdapat sejumlah jurusan yang sering diincar oleh bank yang berdiri pada tahun 1897 ini.

Berdasarkan hasil penelusuran tim SINDOnews, berikut 5 jurusan kuliah yang banyak diincar oleh Bank BTN :

1. Jurusan Perbankan

Bergerak dalam bidang perbankan, maka tak heran jika jurusan perbankan menjadi salah satu prioritas bagi Bank BTN. Hal ini dikarenakan program studi yang mempelajari tentang keuangan dalam sektor perbankan ini memiliki prospek yang amat bagus.



Beberapa Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan ini di antaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, dan Universitas Islam Indonesia.

2. Jurusan Ilmu Ekonomi

Jurusan Ilmu Ekonomi juga termasuk jurusan yang sering diincar oleh Bank BTN. Jurusan ini mempelajari tentang pengelolaan sumber daya baik itu manusia atau alam demi kesejahteraan masyarakat.

Oleh karenanya, lulusan dari jurusan ilmu ekonomi ini biasanya diposisikan sebagai Analisis Kredit, Founding Officer, Customer Service dan juga Teller.

Diketahui beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran dan Universitas Bina Nusantara.

3. Jurusan Ekonomi Syariah

Masih dalam lingkaran ekonomi, Jurusan Ekonomi Syariah juga menjadi incaran dari Bank BTN. Hal ini diketahui melalui salah satu anak perusahaannya yang menerapkan sistem syariah atau yang disebut dengan Bank BTN Syariah.

Jurusan Ekonomi Syariah merupakan sebuah bidang studi yang mempelajari tentang ilmu, teori dan sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dengan pandangan hukum Islam. Sehingga jurusan ini sering dibutuhkan oleh Bank BTN.

4. Jurusan Manajemen

Program yang memiliki keterkaitan erat dengan ilmu ekonomi ini juga termasuk jurusan yang diincar oleh Bank BTN. Manajemen sendiri adalah program studi yang mempelajari tentang bagaimana cara-cara untuk mengelola suatu perusahaan atau organisasi.

Dalam prakteknya, Jurusan Manajemen ini mempelajari tentang manajerial di banyak bidang di antaranya adalah Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Perbankan.

5. Jurusan Teknik Informatika

Beralih ke bidang teknik, Jurusan Teknik Informatika juga masuk dalam daftar jurusan yang kerap diincar oleh Bank BTN. Hal ini senada dengan perkembangan teknologi yang membuat perusahaan membutuhkan karyawan dari lulusan Teknik Informatika.

Sarjana jurusan ini biasanya ditempatkan untuk menjadi pengembang atau pengelola aplikasi perbankan. Sedangkan untuk Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan kuliah ini di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Negeri Sebelas Maret dan masih banyak lagi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3192 seconds (0.1#10.140)