4 Negara ASEAN dengan Sistem Pendidikan Terbaik, Mayoritas Tetangga Indonesia

Kamis, 16 Maret 2023 - 16:10 WIB
loading...
4 Negara ASEAN dengan Sistem Pendidikan Terbaik, Mayoritas Tetangga Indonesia
Terdapat empat negara ASEAN yang memiliki sistem pendidikan terbaik. Salah satunya Singapura. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat empat negara ASEAN yang memiliki sistem pendidikan terbaik. Empat negara tersebut masuk dalam 50 besar kategori negara terbaik untuk melanjutkan pendidikan versi U.S.News & World Report.

Pendidikan memang jadi salah satu komponen penting untuk menunjang kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Karenanya setiap negara berlomba lomba untuk membuktikan dirinya sebagai pemilik sistem pendidikan terbaik.

U.S. News & World Report telah merangkum peringkat pendidikan terbaik dari negara-negara di seluruh dunia yang disusun berdasarkan survei global dilandasi persepsi.

Baca juga: Ini Negara-negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Cek Daftarnya

Tolok ukur dari U.S. News & World Report dapat memperlihatkan negara mana yang lebih unggul dalam hal pendidikan sehingga dinilai sebagai negara terbaik untuk melanjutkan pendidikan.

Berikut ini empat negara ASEAN dengan sistem pendidikan terbaik menurut U.S. News & World Report laporan tahun 2022:

1. Singapura

Negara Asia Tenggara yang punya sistem pendidikan terbaik jatuh pada Singapura yang berada di urutan ke 22, satu langkah di atas China di urutan 23 dunia.

Peringkat tersebut turun satu tingkat, karena pada tahun sebelumnya Singapura berada di posisi 21 dunia.

Menurut India Today, Singapura telah memiliki kerangka kerja yang kokoh di bidang pendidikan. Kemampuan para tenaga pengajar juga selalu ditingkatkan sepanjang abad ke 21.

Negeri Singa juga telah menghilangkan pengumuman peringkat kelas dengan nilai rapor terbaik agar peserta didik lebih fokus untuk meningkatkan kemampuan dan pengembangan diri secara lebih luas, daripada terpaku di bidang akademik.

2. Malaysia

Negeri Jiran berada di posisi ke 40 dunia di tahun 2022, terpaut cukup jauh dengan Singapura. Peringkat Malaysia ini berada di bawah Qatar dan di atas Meksiko.

Peringkat kualitas pendidikan di Malaysia ini turun dari tahun sebelumnya. Dimana pada 2021, negara ini sempat menduduki posisi 38 dunia.

3. Thailand

Posisi ketiga ditempati Thailand yang berada di urutan 48 dunia. Padahal di tahun sebelumnya, Negeri Gajah Putih ini sempat bercongkol di urutan ke 46.

Peringkat Thailand berada di bawah Slovakia dan mengungguli Latvia yang ada di bawahnya.


4. Filipina

Berada tipis di bawah Thailand ada Filipina yang mengikuti di posisi ke 50 dunia dan berada tepat di bawah Latvia.

Peringkat ini meningkat dari tahun sebelumnya, dimana Filipina tidak masuk dalam 50 besar dan hanya berada di posisi ke 55 dunia.

Indonesia sendiri tidak masuk ke dalam daftar 50 besar di tahun 2022 ini, karena harus puas berada di posisi ke 52. Meski begitu, peringkat tersebut telah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang berada di urutan 54 dunia.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2866 seconds (0.1#10.140)