Mensesneg Resmikan Pusat Kajian Jawa FIB UGM, Tarik Minat Generasi Muda untuk Lestarikan Budaya

Kamis, 16 Maret 2023 - 19:49 WIB
loading...
Mensesneg Resmikan Pusat Kajian Jawa FIB UGM, Tarik Minat Generasi Muda untuk Lestarikan Budaya
Mensesneg Dr. Pratikno meresmikan Pusat Kajian Jawa (Pusaka Jawa) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (FIB UGM). Foto/Dok/UGM
A A A
JAKARTA - Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada ( FIB UGM ) meresmikan Pusat Kajian Jawa (Pusaka Jawa) pada 7 Maret 2023 bertepatan dengan perayaan Dies Natalis Ke-77 FIB UGM.

Peresmian Pusaka Jawa sebagai upaya untuk melestarikan budaya Jawa serta meningkatkan kesadaran mahasiswa-mahasiswi maupun publik pada umumnya untuk turut merawat budaya.



Pusaka Jawa adalah sebuah Lembaga yang bertujuan melakukan upaya penguatan pengetahuan dan budaya Jawa. Dengan fokus pada opitmalisasi hilirisasi riset mengenai bahasa, sastra, serta budaya Jawa yang konkret.

Selain itu, Pusaka Jawa juga bertujuan menyajikan informasi hasil riset dengan ringan dan dalam bahasa yang mudah dipahami juga dinikmati masyarakat secara lebih luas.

Dalam program ini, Pusaka Jawa menampilkan berbagai kesenian Jawa, termasuk seni tari, drama musikal, wayang, paduan suara, serta baju adat Jawa.



Hadir dalam malam puncak Cultural Night Dies Natalies ke-77 FIB UGM ini, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Dr. Pratikno, yang juga pernah menjabat sebagai Rektor UGM pada periode 2021-2014.

Pratikno menyampaikan, banyak sekali budaya-budaya daerah di Indonesia, termasuk budaya Jawa. Hari ini dirinya resmikan Pusat Kajian Jawa, atau Pusaka Jawa, untuk melestarikan dan mengembangkan budaya, seni, aksara Jawa untuk menarik minat dan bakat anak-anak muda terhadap untuk belajar tentang Jawa.

"Nantinya akan dikembangkan sehingga ada Pusaka Batak, Pusaka Sunda, Pusaka Dayak, Pusaka Papua, Pusaka Aceh dan lain-lain. Dengan demikian, generasi muda Indonesia juga turut mengenal dan menghidupi budaya kita yang begitu kaya,” terang Praktikno dalam keterangan pers, Kamis (16/3/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2338 seconds (0.1#10.140)