4 Tips Agar UTBK SNBT 2023 Berjalan Lancar dari Prof Ashari, Simak Baik-baik

Selasa, 21 Maret 2023 - 14:32 WIB
loading...
4 Tips Agar UTBK SNBT 2023 Berjalan Lancar dari Prof Ashari, Simak Baik-baik
Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB Prof Dr Ir Mochammad Ashari pada Sosialisasi Pendaftaran UTBK SNBT 2023. Foto/YouTube SNPMB BPPP.
A A A
JAKARTA - Persaingan lolos masuk PTN melalui UTBK terbilang sulit dan sangat selektif. Namun ada sejumlah tips yang bisa diikuti calon peserta untuk lulus dari UTBK SNBT tahun ini.

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Prof Dr Ir Mochammad Ashari mengatakan, soal ujian di UTBK SNBT 2023 akan mengandalkan penalaran dibandingkan dari sisi akademik atau materi pelajaran yang selama ini dipelajari di bangku sekolah.

"Bedanya adalah lebih banyak menggunakan logika, penalaran. ini akan menghasilkan suatu cerminan kemampuan anda untuk melanjutkan ke perkuliahan," katanya pada Sosialisasi Daring Pendaftaran UTBK SNBT 2023, melalui YouTube SNPMB BPPP, Selasa (21/3/2023).

Baca juga: Bukan Hafalan, Tes UTBK SNBT 2023 akan Utamakan Uji Penalaran

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini kemudian memberikan sejumlah tips agar UTBK SNBT 2023 yang akan siswa hadapi setelah lebaran berjalan lancar.

Berikut ini 4 tips agar UTBK lancar dari Prof Ashari

1. Tenang dan Santai


Untuk menghadapi UTBK itu harus tenang dan santai sebab, ujarnya, pihaknya yakin semua peserta mempunyai kemampuan yang berbeda-beda namun bisa menyelesaikan soal UTBK dengan cepat dan tenang.

2. Jangan Terkecoh dengan Informasi Bocoran


Jika ada oknum yang mengklaim mempunyai bocoran soal yang isi bocorannya tinggal disamakan saja pada saat mengisi ujian itu, tegas Prof Ashari, jangan dipercaya.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah dengan Daya Tampung Terbesar di ITB pada SNBT 2023

"Karena soal UTBK itu didesain untuk tampilannya satu orang satu. Peserta yang berbuat curang melihat ke sebelahnya itu (soalnya) tidak akan sama," pesannya.

3. Jangan Bawa Peralatan Elektronik ke Dalam Ruangan Ujian


Selain jangan curang, katanya, jangan pula tergoda menggunakan teknologi canggih pada saat ujian berlangsung. Hal ini karena akan ada pemeriksaan pada saat masuk ke lokasi ujian dan jika terbukti bersalah akan diproses ke aparat penegak hukum.

4. Percaya Diri dan Berdoa


Para peserta UTBK SNBT 2023, menurutnya, adalah generasi muda yang akan mewujudkan Indonesia Emas 2023 dan menjadi penopang kemajuan bangsa. Oleh karena itu junjunglah sportivitas.

Kemudian, ujarnya, percaya diri dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan hal utama agar UTBK SNBT berjalan lancar. "Pilihlah jurusan sesuai dengan potensi dan kemampuan anda," tandasnya memberi pesan.

Demikian tadi 4 tips agar UTBK lancar dari Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB Prof Dr Ir Mochamad Ashari. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2236 seconds (0.1#10.140)