ITS Pertahankan Gelar Juara Dunia Kompetisi Roboboat di Florida

Kamis, 30 Maret 2023 - 04:30 WIB
loading...
ITS Pertahankan Gelar Juara Dunia Kompetisi Roboboat di Florida
Tim Barunastra ITS bersama kapal terbarunya, Nala Proteus. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Tim Barunastra ITS kembali berhasil mempertahankan gelar juara pertama untuk kali ke-5 pada ajang bergengsi International Roboboat Competition 2023 (IRC) 2023. Kompetisi internasional ini digelar di Sarasota, Florida, Amerika Serikat.

Kapal terbaru mereka Nala Proteus berhasil merebut dua penghargaan sekaligus di ajang berskala internasional ini. Antara lain Juara 1 Grand Champion dan Juara 2 Design Documentation International Roboboat Competition 2023.

Hebatnya lagi, penghargaan tersebut didapatkan oleh Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) setelah berkompetisi dengan 24 tim dari berbagai negara di dunia, termasuk kampus teknologi bergengsi Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat.

General Manager Barunastra ITS 2023 Fariz Rayyan Januar yang dihubungi secara daring menjelaskan, terdapat dua kategori pada kompetisi internasional kali ini.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Lulusannya Sudah Banyak dan Paling Diminati Calon Mahasiswa

Pertama adalah kategori autonomous dari roboboat yang dibuat, yaitu melombakan seberapa cakap kapal yang dibuat dalam bergerak secara otomatis, dan kedua adalah kategori design documentation.

Pada kategori design documentation terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu design report, team video, dan presentasi secara offline di hadapan para juri setempat.

Pada presentasi secara offline ini para peserta diminta untuk menjelaskan berbagai hal mengenai roboboat yang akan dilombakan , mulai dari strategi dalam menyelesaikan, desain yang digunakan, hingga cara pembuatan serta cara kerja kapal yang akan dilombakan tersebut.

Seperti perlombaan-perlombaan lainnya, tim bimbingan Dr Rudy Dikairono, Muhammad Lukman Hakim, dan Muhtadin ini perlu menjalani tiga babak pada kategori ini, yaitu kualifikasi, semifinal dan final.

“Pada tiga tahapan ini, kami (peserta lomba) diberikan delapan misi, dan untuk bisa lolos babak kualifikasi setidaknya kami perlu menyelesaikan tiga misi,” papar Rayyan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)