Berbasis AI, Mahasiswa UI Ciptakan Aplikasi Satu Parfum 1.000 Aroma

Senin, 03 April 2023 - 09:18 WIB
loading...
A A A
PERFY App adalah aplikasi yang memanfaatkan kekuatan generatif AI untuk menawarkan pengalaman wewangian yang unik dan dipersonalisasi kepada penggunanya, kapan pun dan di mana pun dengan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP) dan Generatif AI (GPT-4).

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Pertama, pengguna dapat membuka aplikasi dan mengklik fitur Make My Personalized Scent di tampilan awal. Kedua, menjawab pertanyaan untuk menentukan profil diri.

Ketiga, memberikan informasi tentang diri secara detail untuk mengetahui aroma parfum yang dibutuhkan. Keempat, akan ditampilkan berbagai pilihan wewangian parfum yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL Paling Diburu, Kuliah Gratis dan Uang Saku Besar

PERFY adalah perangkat pencampur wewangian dengan Internet-of-Things Ecosystem. Ia memiliki tiga keunggulan, yaitu 1000-IN-1 Fragrance Mixer yang terkoneksi melalui Bluetooth ke Aplikasi PERFY dan memiliki ekstraksi hingga 1.000 macam aroma, produk bebas dari animal testing dan ramah lingkungan, serta perangkatnya yang mudah dibawa dan dilengkapi dengan tombol push spray yang lebih lebar.

PERFY pun memiliki mode inklusivitas, yaitu mode navigasi bertenaga AI yang memanfaatkan teknologi Computer Vision (CV) dan mode bebas genggam yang akan membantu berinteraksi dengan perangkat tanpa menyentuhnya secara fisik.
Tentunya mode ini sangat ramah untuk kalangan yang memiliki keterbatasan secara fisik. "Tim Cakrawala terdiri dari mahasiswa yang kreatif dan pekerja keras. Dalam waktu sebulan, disela kesibukan skripsi, design project, dan magang, mereka menawarkan ide lain daripada yg lain," ujar Mia Rizkinia.

"Idenya mengusung nilai inklusivitas dan feasibilitas dengan GUI yang dapat menjangkau teman-teman difabel dengan teknologi eye tracker, speech recognition, dan NLP untuk personalized perfumed sehingga mereka berhasil merebut juara nasional. Semoga sukses di level Asia dan dunia nanti,” katanya.

Sebagai National Winner Indonesia L'Oréal Brandstorm 2023, nantinya Tim Cakrawala akan mewakili Indonesia di L'Oréal Brandstorm 2023 tingkat Internasional.

L'Oréal Brandstorm 2023 merupakan kompetisi tahunan yang sudah dilaksanakan di Indonesia sejak tahun 2009 oleh L'Oréal sebagai perusahaan kosmetik terbesar di dunia. Tahun ini, tema yang diangkat adalah Crack the New Codes of Beauty.

Para peserta harus mengkolaborasikan teknologi dan kecantikan, melalui Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI), dan Metaverse.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3965 seconds (0.1#10.140)