Hasil Penelitian Sistem Informasi U-Bakrie Bantu Penanganan Kesehatan di DKI Jakarta

Rabu, 05 April 2023 - 21:10 WIB
loading...
Hasil Penelitian Sistem Informasi U-Bakrie Bantu Penanganan Kesehatan di DKI Jakarta
Prodi Sistem Informasi U-Bakrie sukses menggelar presentasi hasil penelitian tentang Pemetaan Waktu Respon Ambulans di Seluruh Wilayah DKI Jakarta. Foto/Dok/U-Bakrie
A A A
JAKARTA - Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas Bakrie ( U-Bakrie ) sukses menggelar presentasi hasil penelitian tentang "Pemetaan Waktu Respon Ambulans di Seluruh Wilayah DKI Jakarta".

Acara yang digelar di Kampus Bakrie Tower, U-Bakrie, tersebut dihadiri oleh para tamu undangan, antara lain Dr. Mohammad Ihsan selaku Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Dr. Siti Rohajawati selaku Kepala Program Studi Sistem Informasi, dan Zakiul Fahmi Jailani S.Kom, MSc selaku Dosen Sistem Informasi .



Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Wilayah DKI Jakarta dan OpenStreetMap Indonesia.

Dalam sambutannya, Dr. Moh. Ihsan dan Dr. Siti Rohajawati menyampaikan apresiasi mereka kepada semua tamu undangan yang hadir pada hari itu. Sebagai bentuk apresiasi, Program Studi Sistem Informasi memberikan plakat penghargaan kepada perwakilan dari PMI DKI Jakarta dan OpenStreetMap Indonesia.

Selanjutnya, Zakiul Fahmi memaparkan hasil penelitiannya tentang pemetaan waktu respons ambulans di wilayah DKI Jakarta. Beliau menjelaskan bahwa tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan kecepatan waktu sebuah ambulans dalam merespons keadaan gawat darurat di wilayah tersebut.



Dalam hasil penelitiannya, Zakiul Fahmi menemukan bahwa ambulans yang beroperasi dalam jarak 2 km dari lokasi kejadian dapat memberikan respons yang cepat. Namun, terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala keterlambatan waktu respons ambulans, seperti perizinan data pemerintah dan kemacetan kota.

Melalui hasil penelitiannya, Program Studi Sistem Informasi Universitas Bakrie berharap dapat membantu mengatasi kendala keterlambatan waktu respons ambulans di wilayah DKI Jakarta.

Salah satu harapan di masa mendatang adalah adanya sistem sentral yang dapat mengintegrasi semua data ambulan di Jakarta serta adanya call center terpusat yang dapat merespon panggilan darurat.

Acara berjalan dengan baik, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi bersama. "Kami berharap hasil penelitian ini dapat membantu meningkatkan kualitas layanan kesehatan di wilayah DKI Jakarta, terutama dalam penanganan gawat darurat. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelenggaraan acara ini," ujar Zakiul Fahmi.

Program Studi Sistem Informasi Universitas Bakrie berharap bahwa temuan ini dapat dijadikan referensi bagi pihak-pihak terkait dalam memperbaiki sistem penanganan kesehatan di wilayah DKI Jakarta.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3176 seconds (0.1#10.140)