Transformasi Digital, Google for Education Bawa Perubahan Nyata di Madrasah

Kamis, 06 April 2023 - 22:43 WIB
loading...
Transformasi Digital, Google for Education Bawa Perubahan Nyata di Madrasah
Direktur KSKK Kemenag Prof. H Moh Isom, dalam acara Visitasi Evaluasi Perkembangan Transformasi Digital Madrasah Berbasis Google for Education di Bogor, Rabu (5/4/2023). Foto/Ist
A A A
BOGOR - Transformasi digital yang diusung Google for Education dan Lenovo Indonesia beserta PT Duta Digital Informatika (Dugi) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mukhlisin, Bogor, Jawa Barat, berhasil memberikan dampak nyata.

Hanya dalam waktu 6 bulan, transformasi digital berhasil membawa efisiensi penyelenggaraan pendidikan dan pengalaman pembelajaran yang lebih baik.



Hal itu terungkap dalam acara Visitasi Evaluasi Perkembangan Transformasi Digital Madrasah Berbasis Google for Education yang diadakan di madrasah tersebut pada Rabu (5/4/2023) di Bogor, Jawa Barat.

"Ketika mengadakan ujian, biasanya banyak dana yang kami keluarkan untuk penggandaan soal. Dengan memakai solusi dari Google for Education, seperti Google Form, kami menjadi sangat irit. Kemudian setelah dikumpulkan, kami biasanya butuh dua minggu untuk mengoreksi. Sekarang, kami hanya butuh beberapa jam saja," kata Toyib, Kepala MTs Al-Mukhlisin.

Google for Education dan Lenovo Indonesia mulai mendorong perubahan pada Oktober 2022 dengan memberikan 111 unit Lenovo Chromebook. Sejumlah 90 unit diperuntukkan untuk para siswa, sementara 21 unit lainnya digunakan oleh para guru.



Mereka mengoptimalkan Google Workspace for Education untuk mengembangkan konten belajar, misalnya lewat gamifikasi, pembuatan situs, hingga mengevaluasi hasil belajar.

Selama 6 bulan, Lenovo Chromebook telah digunakan untuk ujian tengah dan akhir semester serta try out ujian kelulusan. Ke depannya, pihak MTs berencana menggunakan perangkat tersebut beserta tools di dalamnya untuk melakukan evaluasi akhir saat kenaikan kelas.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Kementerian Agama Prof. Dr. H. Moh. Isom, M.Ag. mengungkapkan, transformasi digital adalah salah satu prioritas Kementerian Agama, termasuk membuat pelayanan pendidikan yang ada di bawah Kementerian Agama efisien dan efektif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)